Edukasi Manfaat Program, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi Manfaat Program

58
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi dari manfaat program kepada 70.perusahaan binaan di Taman Dayu Pandaan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pasuruan memberikan sosialisasi manfaat program kepada sekitar 70 perwakilan perusahaan binaan yang bertepat di Taman Dayu – Pandaan, Kamis (15/12/2023).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan, Trioki Susanto mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi, merefresh kembali manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan perusahaan binaan Kantor Cabang Pasuruan.

Ajang ini juga sekaligus sebagai wadah silaturahmi, sharing informasi serta keluhan-keluhan yang sering dialami oleh perusahaan.

“Dalam sosialisasi ini kita memberikan edukasi seputar manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Manfaat Layanan Tambahan (MLT),” ujar Trioki.

Lebih lanjut dalam paparannya, Trioki menjelaskan, peserta BPJS Ketenagakerjaan akan terjamin dari risiko kecelakaan kerja sejak berangkat kerja hingga kembali lagi ke rumah.

Baca Juga :   Dorong Peningkatan Ekonomi Ahli Waris, BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Beri Pelatihan Batik Tulis

Tak tanggung-tanggung, jika terjadi kecelakaan, seluruh biaya perawatan akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan hingga mereka sembuh dan dapat kembali bekerja.

Apabila selama masa perawatan dan pemulihan peserta tersebut tidak dapat bekerja, maka BPJS Ketenagakerjaan juga akan membayarkan 100 persen upahnya selama setahun dan selanjutnya 50 persen hingga sembuh.

Namun apabila kecelakaan tersebut mengakibatkan cacat total tetap, maka manfaat yang akan diberikan sebesar 56 kali upah yang dilaporkan, ditambah santunan berkala sebesar Rp 12 juta. “BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan fasilitas homecare maksimal Rp 20 juta untuk jangka waktu 1 tahun,” jelas Trioki.

Dalam sambutannya, Trioki menyampaikan, “Ada empat jenis manfaat layanan tambahan yang dapat diakses peserta BPJamsostek, yakni kredit kepemilikan rumah (KPR), pinjaman uang muka perumahan (PUMP), pinjaman renovasi perumahan (PRP), dan fasilitas pembiayaan perumahan pekerja/kredit konstruksi (FPPP/KK)”.

Baca Juga :   Kolaborasi Program BPJSTK Bersama Bank BNI Pasuruan dengan Paguyuban Agen BNI-46 Sekaligus Kampanye Gerakan Anti Korupsi

Untuk diketahui, MLT merupakan fasilitas yang diberikan oleh BPJamsostek kepada peserta program JHT dalam bentuk PUMP maksimal sebesar Rp 150 juta. Kemudian pinjaman renovasi perumahan maksimal sebesar Rp 200 juta, serta KPR maksimal Rp 500 juta.

“Dalam program kepemilikan Rumah ini BPJAMSOSTEK bekerjasama dengan beberapa perbankan dan developer untuk membantu mensukseskan kepemilikan rumah bagi para pekerja dengan harga sangat kompetitif, subsidi bunga, suku bunga lebih rendah dari suku bunga komersil, dan tenor pinjaman lebih panjang 10 sampai dengan 30 tahun”, imbuhnya.

“Masing-masing jenis produk MLT bertujuan untuk membantu pekerja penerima upah mendapatkan rumah dengan plafond yang berbeda-beda. Bagi peserta yang ingin memanfaatkan jenis layanan dari program JHT ini bisa mengakses melalui aplikasi JMO atau datang ke kantor BPJamsostek terdekat untuk informasi lebih lanjut,” ucap Trioki.

Baca Juga :   BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pos Indonesia Kerjasama Beri Perlindungan pada Pekerja

Lebih lanjut, Trioki menjelaskan, kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan adalah amanat UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Dasar peraturan ini mengandung kemaslahatan yang besar.

Tentu semuanya kembali kepada masyarakat luas. Kami di sini hanya mengelola manfaat untuk diberikan kepada peserta,” ujarnya.

Sosialisasi yang diberikan ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat betapa mendasarnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Bahwa seluruh program yang diberikan memproteksi pekerja dan keluarganya dari bahaya risiko kerja yang meliputi kehilangan pekerjaan, kehilangan penghasilan, dan kemiskinan,” pungkas Trioki. (day/*)