Rias Yudikari Ajak Perempuan Berdaya Lewat Politik dan Wirausaha

81
Kegiatan Bolo Dewan Menyapa Perempuan Bicara yang digelar oleh Warmo institute di Wisma Gaung, Kamis (14/12/2023). Foto : A Romadoni

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Rias Judikari Drastika mengajak perempuan di Pasuruan berdaya. Ada dua jalan yang ditawarkan, yakni politik dan wirausaha.

Hal ini disampaikan Rias dalam diskusi Bolo Dewan Menyapa: Perempuan Bicara dengan tajuk ‘Berdaya dalam Politik dan Kewirausahaan’ yang digelar oleh WartaBromo di Wisma Gaung, Kecamatan Grati, Kamis (14/12/2023).

Rias mengatakan, zaman terus maju dan ruang-ruang terus terbuka bagi perempuan untuk berpartisipasi ataupun mengambil peran di sektor tertentu.

“Perempuan tidak boleh pasif, tetapi harus terus meningkatkan perannya di masyarakat,” kata Rias.

Di dalam dunia politik, misalnya, saat ini panggung politik terbuka lebar bagi perempuan. Ini terbukti dalam pemilu, partai politik harus harus memenuhi kuota perempuan 30 persen.

Artinya, bahkan negara sudah sangat mendorong agar perempuan bisa mengambil peran strategis di politik. Selain itu, dengan masuk ke dunia politik, perempuan akan terlibat aktif dalam menentukan arah kebijakan pembangunan.

“Ke depan mungkin pengkaderan perempuan di partai politik harus disiapkan. Tidak hanya di momen-momen pemilu,” ujar Rias.

Sementara itu, dari sisi ekonomi, Rias mengajak perempuan di Pasuruan untuk berdaya secara finansial. Menurut Rias, di zaman sekarang akan menjadi tantangan berat jika dalam rumah tangga hanya penghasilan suami yang diandalkan.

Apalagi kebutuhan rumah tangga yang setiap waktu tidak pernah berkurang. Oleh karena itu, perempuan harus mengambil peran di situ. Ia mendorong perempuan berdaya secara ekonomi, lewat wirausaha.

“Perempuan harus berdaya, harus punya penghasilan sendiri. Zaman sekarang peluang-peluang untuk perempuan sangat banyak,” imbuh Rias. (tof/asd)