5 Alasan Wisatawan Datang ke Bromo

194

Probolinggo (WartaBromo.com) – Gunung Bromo, salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Indonesia, selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Setiap tahun, jutaan wisatawan datang ke Bromo untuk menikmati keindahan alamnya yang memukau.

Dalam libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Bromo dikunjungi tak kurang dari 3.000 tiap harinya. Kemacetan kendaraan bermotor sempat terjadi.

Lantas, apa saja yang membuat wisatawan tertarik untuk datang ke Bromo? Berikut adalah 5 alasan wisatawan datang ke Bromo:

1. Sunrise yang menakjubkan

Salah satu alasan utama wisatawan datang ke Bromo adalah untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di atas lautan pasir.

Golden sunrise di Bromo memang sangatlah menakjubkan. Warna-warni langit yang berubah-ubah dari jingga ke merah, dipadukan dengan hamparan pasir yang luas, membuat pemandangan menjadi sangatlah indah.

Baca Juga :   Diskominfo dan Bea Cukai Probolinggo Sosialisasikan Ketentuan Baru Cukai

2. Kawah Bromo yang eksotis

Kawah Bromo adalah salah satu kawah gunung berapi aktif di Indonesia. Kawah ini memiliki diameter sekitar 800 meter dan kedalaman sekitar 23 meter.

Kawah Bromo juga memiliki semburan gas belerang yang sangat kuat. Namun, hal ini tidak menyurutkan minat wisatawan untuk melihat keindahan kawah ini dari dekat.

3. Lautan pasir yang luas

Lautan pasir di Bromo adalah salah satu daya tarik utama dari destinasi wisata ini. Hamparan pasir yang luas dan berwarna hitam abu-abu ini, membentang hingga sejauh mata memandang.

Wisatawan dapat menjelajahi lautan pasir ini dengan menggunakan jip, sepeda motor, berkuda atau berjalan kaki. Menikmati hembusan angin diatas pasir yang seakan berbisik.

Baca Juga :   Siswi MTs Bersama 2 Pemuda Teler di Alun-alun Kraksaan

4. Bukit Teletubbies yang instagramable

Bukit Teletubbies adalah salah satu spot foto yang paling populer di Bromo. Bukit ini memiliki bentuk yang unik, dengan bukit-bukit yang bulat dan berjajar rapi.

Wisatawan dapat berfoto di atas bukit ini untuk mendapatkan foto yang instagramable.

5. Kearifan lokal yang kental

Bromo juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Setiap tahun, masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada di kawah Bromo.

Upacara ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat Tengger kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah.

Kelima alasan tersebut menjadikan Gunung Bromo sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

“Ayo terus berkunjung ke Bromo dan obyek wisata lainnya di Kabupaten Probolinggo. Dapatkan pengalaman menarik saat menikmati pemandangan alamnya,” ajak PLT Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Probolinggo, Bambang Hariwahjudi. (saw)