Kebun Raya Hadirkan Sunset di Kebun 2024: Pertunjukan Musik Bersifat intimate show dengan Pesan Mencintai Lingkungan

584

Kebun Raya adalah merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat wisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia, keberadaan Kebun Raya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan.

Indonesia saat ini memiliki 4 (empat) Kebun Raya unggulan yang dikenal oleh masyarakat luas, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali.

Empat Kebun Raya tersebut merupakan Kebun Raya dibawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang bermitra dengan PT. Mitra Natura Raya (KebunRaya.id) dalam kemitraan pelayanan publik sejak 1 Januari 2020.

Kemitraan ini merupakan sinergi strategis dimana BRIN dapat menjalankan fungsi utamanya dalam kegiatan penelitian dan konservasi tumbuhan sedangkan KebunRaya.id bertugas menyelenggarakan berbagai fungsi pelayanan publik yang sesuai dengan fungsi dan marwah kebun raya, yaitu membawa pesan edukasi dan konservasi lingkungan ke masyarakat luas dengan bahasa yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Berbagai inovasi telah dijalankan oleh KebunRaya.id dalam meningkatkan pelayanan publik, walaupun terbentur pandemi sejak tahun 2020, kemitraan strategis ini sudah melakukan berbagai improvement dari sisi fasilitas dan pelayanan publik. Seperti penambahan sarana-sarana fasilitas moda transportasi yang ramah lingkungan untuk berkeliling di dalam kebun raya seperti shutle bus, golf car, sepeda listrik. Serta juga peremajaan dan digitalisasi papan informasi tanaman yang terkoneksi dengan website dan apps agar memudahkan pengunjung belajar tentang tumbuhan.

Baca Juga :   Udara Segar Kebun Raya Purwodadi Jadi Alternatif Liburan Keluarga

Sejalan dengan fungsi dan marwah utama Kebun Raya, KebunRaya.id juga menambah taman tematik baru di dalam Kebun Raya untuk menambah konten edukasi dan pengayaan pengetahuan tumbuhan hayati Indonesia. Lebih dari lima taman tematik telah hadir di Kebun Raya Bogor, yakni taman nepenthes, taman obat, taman durian, taman kopi, taman obat dan taman pisang, serta revitalisasi taman anggrek di Kebun Raya Bogor dan Rumah Kaca Konservatorium di Kebun Raya Cibodas. Taman-taman baru dan menarik lainnya sedang dalam pengembangan di Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bali.

Sunset di Kebun

Inovasi baru KebunRaya.id dalam rangka mengkampanyekan pesan edukasi dan kecintaan lingkungan sesuai dengan perkembangan zaman adalah dengan menggelar pertunjukan musik yang bernama Sunset di Kebun, sebuah pagelaran musik bersifat calming & intimate di dalam Kebun Raya.

“Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Kebun Raya tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan.

Yang membedakan Sunset di Kebun dengan pertunjukan lainnya adalah dengan mengusung tema Intimate Music show with Green, Conservation and Culture Movement, penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisipun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya.” Ujar Abi Irawan selaku GM Event Kebun Raya.

Baca Juga :   Serunya Kegiatan Outdoor Learning di Kebun Raya Purwodadi

Sunset di Kebun digelar pertama kali pada bulan Mei Tahun 2022 lalu di Kebun Raya Bogor , dengan tidak lebih dari 2000 penonton, dimana memang jumlah penonton dibatasi untuk mendapatkan kesan intimate tersebut.

Untuk mendukung fungsi dan marwah Kebun Raya, Sunset di Kebun mengkampanyekan Begonia sebagai plant hero, plant hero adalah program pengenalan tumbuhan kepada para pengunjung Sunset di Kebun, sehingga pengunjung dapat mengenal dan mengetahui pentingnya tumbuhan bagi kehidupan. Plant hero diperkenalkan melalui papan informasi tumbuhan dan dipamerkan kepada penonton yang juga dibagikan kepada penonton dan musisi yang tampil di atas panggung.

Sunset di Kebun pada phase 1 mengangkat tumbuhan Nepenthes, tumbuhan tersebut dikenal dengan nama “Kantong Semar”. Termasuk tumbuhan karnivora yang menghasilkan kantong untuk menjebak dan menangkap mangsa berupa serangga maupun binatang kecil lainnya untuk mendapatkan nutrisi. 60% spesies nepenthes terdapat di Indonesia dari keseluruhan dunia, Nepenthes dapat ditemukan di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Kantong semar termasuk salah satu tumbuhan yang terancam kepunahannya yang berfungsi sebagai salah satu parameter udara bersih pada ekosistem di alam.

Mengulang suksesnya Sunset di Kebun pada tahun 2022 lalu, pada tahun 2023 Sunset di Kebun kembali diselenggarakan sejumlah 3 kali dalam setahun dan lokasi penyelenggaraan pun bukan hanya di Kebun Raya Bogor, melainkan di Kebun Raya Bali pada bulan Juli, Kebun Raya Purwodadi pada bulan Agustus, dan Kebun Raya Cibodas pada bulan Oktober. Dimana tiap Sunset di Kebun tersebut mengusung plant hero sebagai media untuk menumbuhkan cinta tanaman terhadap penonton.
Musisi-musisi yang tampil pada gelaran Sunset di Kebun juga menjadi duta konservasi yang akan menyuarakan pesan-pesan menjaga konservasi alam kepada pengunjung. Sejumlah musisi baik lokal maupun nasional akan menjadi line up Sunset di Kebun tahun 2024 ini.

Baca Juga :   Melihat Keseruan SMP Cita Hati Cristian School Surabaya Belajar Propagasi di Kebun Raya Purwodadi

Memasuki 2024 ini, Sunset di Kebun akan diselenggarakan sebanyak 8 kali di empat Kebun Raya, akan terbagi menjadi dua phase, phase pertama untuk Kebun Raya Purwodadi dilaksanakan pada tanggal 2- 3 Maret 2024, Kebun Raya Bogor tanggal 27-28 April 2024, Kebun Raya Bali tanggal 25-26 Mei 2024, dan Kebun Raya Cibodas tanggal 29-30 Juni 2024. Untuk phase kedua akan kami informasikan lebih lanjut.

Sunset di Kebun diharapkan sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengunjung Kebun Raya dan mengajak kepada generasi muda untuk datang ke Kebun Raya, mencintai alam, turut berpartisipasi menjaga Kebun Raya sebagai benteng terakhir konservasi untuk menyelamatkan koleksi flora di Indonesia yang keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan.

Sunset people bisa mendapatkan informasi dan penjualan tiket Sunset di Kebun 2024 melalui website https://sunset.kebunraya.id/ dan media sosial @sunsetdikebun (*)