Longsor di Jalur Air Terjun Madakaripura Membuat Saluran Pipa Air Bersih Terputus

76

Lumbang (WartaBromo.com) – Bencana longsor yang melanda jalur ke Air Terjun Madakaripura, Desa Negororejo, Lumbang, tak hanya mengakibatkan kerusakan pada objek wisata. Tetapi juga memutus saluran pipa air bersih menuju 2 desa.

Dua yang terdampak yakni Desa Branggah dan Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Ada 2 saluran pipa air bersih sepanjang 300 meter ke Desa Branggah rusak. Untuk Desa Negororejo dengan panjang sama dengan diameter 3 inci juga rusak.

Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, R. Oemar Sjarief, menjelaskan bahwa hujan deras pada Sabtu (27/1/2024), menyebabkan banjir dan kerusakan di beberapa titik di Kecamatan Lumbang.

“Ada empat titik kerusakan termasuk TPT di Desa Negororejo, jalan ke Madakaripura, serta dua saluran pipa air bersih ke Desa Branggah dan Negororejo,” ujarnya pada Minggu (28/1/2024) malam.

Baca Juga :   Koran Online 31 Mei : Pria Ini Sabetkan Arit ke Ipar Gara-gara Sandal Jepit, hingga Hantu ‘Bumpy’ Mengintai Pemudik

Banjir juga sebabkan kerusakan lahan sawah. Serta 2 unit sepeda motor warga hanyut, tapi sudah ditemukan dalam kondisi rusak. “Tidak ada korban jiwa,” ungkap Oemar.

Meskipun tidak ada korban jiwa, Oemar mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem. Ia juga mendorong agar kejadian bencana segera dilaporkan kepada Pusdalops BPBD setempat.

Video yang beredar menunjukkan jalur setapak ke Madakaripura yang ambrol dan terputus setelah hujan deras. Lokasi pertapaan Patih Majapahit Gajah Mada itu, ditutup bagi wisatawan.

Kejadian ini bukan hanya merugikan sektor pariwisata, melainkan juga menyebabkan kerusakan pada infrastruktur vital, seperti saluran pipa air bersih. (lai/saw)