Gagal Ke Pasuruan, Nurkholis Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Probolinggo

309

Surabaya (WartaBromo.com) – Nurkholis dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo pada Selasa malam (30/1/2024). Sebelumnya, Kepala Dinas ESDM Pemprov Jatim itu, digadang-gadang sebagai Pj Bupati Pasuruan.

Pj Wali Kota Probolinggo ini, juga dilantik bersamaan dengan Rudi Arifiyanto, Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang menjadi Pj Bupati Sampang.

Pelantikan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Gubernur Jawa Timur berlangsung di Gedung Grahadi, Surabaya.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah, menekankan agar kedua Pj segera beradaptasi dengan lingkungan baru untuk melanjutkan pembangunan dengan baik.

Selain itu, ia meminta mereka untuk memastikan kelancaran jalannya pemilu yang tinggal beberapa hari lagi.

Baca Juga :   Puluhan Siswa RA Hidmatul Hikam Belajar Pencegahan Kebakaran Bersama Petugas Damkar

Gubernur juga memberikan apresiasi terhadap keberhasilan UMKM di Kota Probolinggo dan mendorong Pj Wali Kota Probolinggo untuk melanjutkan potensi yang telah dibangun.

“Seluruh potensi efektif. Ini bisa diteruskan Pj Wali Kota Probolinggo,” pesan Khofifah.

Sementara untuk Pj Bupati Sampang, Gubernur Khofifah menyinggung Pekerjaan Rumah (PR) yang cukup banyak, terutama terkait kajian persiapan pembentukan provinsi Madura. Ia berharap Pj Bupati Sampang dapat memahami hal tersebut.

Khofifah juga mengingatkan kedua Pj untuk fokus pada penurunan kemiskinan, peningkatan investasi, dan pengembangan digital IT di daerahnya.

Ia juga menyoroti pencapaian Jatim dalam mengurangi kemiskinan ekstrem. Serta mencatat kenaikan investasi yang signifikan selama lima tahun terakhir.

Baca Juga :   Bawa Sajam dan Balapan Liar, Remaja asal Paiton Ditangkap Polisi

Gubernur menutup sambutannya dengan mengingatkan Pj Wali Kota Probolinggo dan Pj Bupati Sampang untuk menjalankan tugas dan mengemban amanah baru dengan baik.

Acara pelantikan turut dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo periode 2019-2024, Habib Hadi Zainal Abidin, dan Forkopimda Kota Probolinggo, serta pejabat teras Pemkot Probolinggo.

Diketahui, menjelang lengsernya Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, dewan setempat mengusulkan Nurkholis sebagai calon penjabat bupati. Kepala Dinas ESDM Pemprov Jatim itu, mendapat sokongan mayoritas fraksi.

Namun, akhirnya Kemendagri menunjuk Andriyanto sebagai PJ Bupati Pasuruan. Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Pemprov Jatim dilantik Gubernur Khofifah pada 24 September 2023. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.