Viral Bule Amerika Punguti Sampah di Bromo

208

Probolinggo (WartaBromo.com) – Sebuah aksi menarik terjadi di Bromo saat seorang wisatawan asal Amerika memunguti di sekitar Bukit Penanjakan 1. Video singkat aksi pungut sampah tersebut menjadi viral di media sosial dengan durasi sekitar 37 detik.

Dengan kantong plastik sebagai senjatanya, turis bernama Amanda memunguti aneka sampah anorganik. “We’re cleaning the nature, it’s a rubbish (kami membersihkan alam, dari sampah),” katanya, sembari memasukkan sampah ke kantong plastik.

“We’re picking up the nature for Bromo (kami memungutnya untuk Bromo),” lanjut Amanda.

Aksi pungut sampah itu, disebut terjadi di bawah Bukit Penanjakan 1. Rombongan tersebut, masuk lewat pintu Jemplang, Malang.

“Itu rombongan kami, berangkat dari Malang, sekarang masih menikmati pemandangan di penanjakan,” ujar pemandu wisata rombongan tersebut, Viky Herlambang, Kamis (01/02/2024).

Baca Juga :   Ada Kabar Oknum Jaksa Probolinggo Kena OTT hingga Pertanyakan Alokasi Dana Covid-19, Warga Gruduk Balai Desa Kemirisewu | Koran Online 8 April

Viky menyebut aksi simpatik Amanda, tak hanya di Penanjakan yang sempat ia videokan. Tetapi di setiap lokasi yang didatanginya. “Dimanapun dia datang, kalau melihat sampah dipunguti,” ujarnya.

Tindakan ini mendapatkan apresiasi positif dari pengunjung dan Forum Sahabat Gunung (FSG). Henri Kurniawan dari FSG menyambut positif aksi ini dan menyebutnya sebagai teladan bagi wisatawan yang mengunjungi Bromo.

Tindakan seperti ini, katanya, seharusnya menjadi inspirasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan.

“Mereka begitu peduli dengan alam, tetapi mengapa kita justru masih terus mengotori alam tanah air sendiri,” ungkap ia.

Forum Sahabat Gunung sendiri telah lama aktif dalam mengatasi permasalahan sampah di Bromo. Berperan sebagai komunitas relawan yang terlibat dalam menjaga ekosistem dan alam Bromo. Sambil memberikan edukasi kepada masyarakat dan wisatawan. (lai/saw)