Pronojiwo, Destinasi terindah di Jawa Timur ya kali Bolo Warmo ga kesini, Rugi dong!

71

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kalau Bolo Warmo pernah jalan-jalan ke Lumajang tapi tak mampir ke Pronojiwo tentu sangat disayangkan. Pasalnya, di Pronojiwo menjadi salah satu destinasi wisata terindah di Jawa Timur.

Dilansir dari beberapa sumber, Pronojiwo menyajikan banyak destinasi wisata mulai wisata alam hingga kuliner. Belum lagi view pemandangan di Pronojiwo sangat bagus sehingga instagramable.

Berikut adalah deskripsi singkat tentang kecamatan Pronojiwo:

1. Lokasi dan Aksrbilitasi

Pronojiwo terletak di bagian utara Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kecamatan ini dapat dijangkau dengan akses transportasi darat.

Ada pula beberapa desa di Pronojiwo dapat dicapai melalui jalan yang berkelok-kelok. Meski demikian, Bolo jangan risau karena disetiap keloknya menawarkan pemandangan alam yang indah.

Baca Juga :   Bolo, Perhatikan Hal Ini Sebelum Melintas di Jembatan Gantung Gladak Perak!

2. Tipografi dan Alam

Tipografi dan alam Pronojiwo yang meliputi perbukitan, dataran rendah, hamparan sawah serta sungai-sungai kecil yang memanjakan mata menjadikan Pronojiwo sebagai tempat terindah bagi masyarakat lokal maupun wisatawan luar.

Kecamatan Pronojiwo dilalui oleh sejumlah sungai besar yang berasal dari Gunung Semeru, yang mengandung beragam material seperti pasir dan batu.

Beberapa dari sungai tersebut mencakup Sungai Glidik, Sungai Besukbang, Sungai Besuksat, Sungai Besuksumut, Sungai Besukkembar, Sungai Besuksurat, Sungai Ranu Darungan, dan Sungai Lengkong Sriti.

3. Desa yang memikat

Bolo tidak perlu bingung lagi jika ingin berwisata, Kecamatan Pronojiwo memiliki beberapa desa yang menarik perhatian. Diantaranya seperti desa dengan hamparan sawah yang luas, desa yang terletak di lereng perbukitan dan desa dengan kekayaan budaya yang kuat.

Baca Juga :   Sebelum Tumbang, Pohon Ikon Alun-alun Lumajang Sempat Dapat Perawatan Khusus

Wilayah Pronojiwo terdiri dari 6 desa, yaitu Desa Pronojiwo sebagai pusat aktivis masyarakat setempat, Desa Sidomulyo, Desa Tamanayu, Desa Sumberurip, Desa Oro-oro Ombo, dan Desa Supiturang.

4. Potensi Pariwisata

Pesona alam dan kekayaan budaya Pronojiwo membuatnya memiliki potensi pariwisata yang besar. Dari trekking di perbukitan, menikmati panorama sawah, hingga berpartisipasi dalam acara budaya tradisional, Pronojiwo menawarkan pengalaman wisata yang beragam.

Nah, pastinya Bolo Warmo bisa membayangkan, bagaimana nyaman dan indahnya keindahan Pronojiwo dengan baground Gunung Semeru. Apalagi kalau Bolo Warmo berkunjung ke tempat-tempat yang menarik seperti Air Terjun Kabut Pelangi, Air Terjun Kapas Biru dan aliran sungai Sumber Telu.

5. Kuliner khas

Selain keindahan alam dan kearifan lokal, Pronojiwo juga tidak kalah dengan ragam kuliner khas Jawa Timur. Bolo jangan khawatir, Makanan tradisional yang lezat, seperti sate kelinci, lontong balap, dan pecel, siap mengisi perut lapar kalian. (Mga/jun)