Perpustakaan Digital, Upaya Dispersip Probolinggo Memperluas Akses Literasi

3

Kraksaan (WartaBromo.com) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo mengadakan bimbingan teknis (bimtek) perpustakaan digital berbasis website di ruang Pustakaloka Dispersip Kabupaten Probolinggo pada Kamis (22/2/2024).

Acara ini dihadiri oleh 187 peserta dari berbagai instansi, termasuk pejabat, staf, ahli IT, dan petugas perpustakaan dari OPD, kecamatan, desa, kelurahan, puskesmas, perguruan tinggi, serta sekolah/madrasah di Kabupaten Probolinggo.

Nurul Yaqin, Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja tim pengelola perpustakaan, pelayanan perpustakaan, dan literasi masyarakat melalui perpustakaan digital.

Yaqin juga berharap agar peserta dapat mengaplikasikan dan menyosialisasikan perpustakaan digital ini kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Guna mempercepat penanganan masalah pendidikan serta meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM),” kata dia.

Baca Juga :   Zona Oranye, Kota Probolinggo Kembali Berlakukan Pembatasan

Dr. Mansur, Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo, menekankan pentingnya perpustakaan sebagai sumber informasi dalam pembangunan di era globalisasi ini. Dia menyatakan bahwa perpustakaan juga berperan sebagai lembaga sosial dalam pendidikan dan inovasi masyarakat.

Mansur menyoroti bahwa perkembangan teknologi menuntut perpustakaan untuk meningkatkan kualitas layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan adanya bimtek ini, Mansur berharap dapat memudahkan pemustaka dalam membaca dan meminjam buku serta mendekatkan literasi ke rumah-rumah masyarakat.

“Aplikasi ini bukan hanya sebagai sarana membaca buku, tetapi juga sebagai media informasi/berita, peningkatan Indek Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), data statistik real time yang sewaktu-waktu bisa diambil untuk laporan,” ucap Mansur

Perpustakaan digital berbasis website ini dibangun oleh PT Digido Sleman Yogyakarta. Dapat diintegrasikan dengan INLis Lite dan SLiMS, memberikan kemudahan bagi operator dan pustakawan dalam mengelola perpustakaan. (saw)