Catat! 3 Sayuran Penurun Kreatinin Ini Ampuh Cegah Gagal Ginjal

242

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menjaga kesehatan organ tubuh menjadi salah satu hal yang penting, salah satunya menjaga kesehatan ginjal. Sebelum terkena penyakit ginjal, Bolo bisa mencegah dengan mengkonsumsi sayuran penurun kreatinin ini.

Dilansir dari kompas.com, ginjal yang sehat akan menyaring kreatinin dari darah. Oleh karena itu, kadar kreatinin tinggi dalam darah turut mengukur seberapa baik ginjal menyaring limbah.

Nah, inilah tiga sayuran penurun kreatinin yang ampuh cegah gagal ginjal:

1. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran penurun kreatinin yang bermanfaat bagi ginjal. Selain serat, sayuran ini juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin B folat. Bukan hanya itu, kembang kol penuh dengan senyawa anti-peradangan seperti indoles, tetapi rendah kalium.

Baca Juga :   Mencicipi Si Manis Rondo Royal Asal Jawa

Dengan mengonsumsi kembang kol secara rutin, kesehatan dan fungsi ginjal pun akan tetap terjaga dan terhindar dari tingginya kadar kreatinin. Ada banyak kandungan nutrisi di dalam kembang kol.

2. Paprika

Paprika memang merupakan sumber nutrisi yang mengesankan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan. Meskipun rendah kalium, paprika kaya akan antioksidan, terutama vitamin C dan vitamin A, yang penting untuk kesehatan tubuh dan fungsi kekebalan.

Vitamin C adalah antioksidan yang kuat dan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Selain itu, vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit, pembentukan kolagen, dan penyerapan zat besi.

Baca Juga :   Ini 3 Tips Mengurangi Risiko Penyakit Jantung yang Harus Diperhatikan

3. Arugula

Arugula adalah jenis sayuran yang kaya nutrisi dan rendah kalium, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah dengan kreatinin. Selain itu, arugula juga mengandung banyak vitamin K, serta mineral seperti mangan dan kalsium.

Keistimewaan lain dari daun hijau ini adalah kandungan nitratnya, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. (jun)