Detik-detik Warga Selamatkan Kuda Delman yang Terperosok ke Selokan di Jalur Pantura Pasuruan

156

Gadingrejo (WartaBromo.com) – Sebuah insiden menegangkan terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (2/3/2024) siang. Sejumlah warga nampak berjibaku menyelamatkan seekor kuda delman yang terperosok ke selokan.

Menurut informasi yang didapat, insiden itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, Rano (65), seorang kusir warga Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan itu sedang mencari rumput di lahan kosong.

“Pemiliknya itu lupa mengikat delman. Lalu kuda itu berjalan sendiri di jalan Pantura,” kata Onie, salah satu warga yang sempat melihat kejadian itu.

Kuda yang berjalan sendiri sambil mencari rumput, tidak menyadari keberadaan got yang cukup besar di sekitar area tersebut.

“Akibatnya, kuda tersebut terprosok ke dalam lubang got tersebut,” ujarnya.

Beruntung, beberapa warga yang sedang melintas segera menyadari kejadian tersebut dan segera memberikan pertolongan. Meski evakuasi kuda itu sulit dan dramatis, dengan kerja sama yang baik kuda tersebut berhasil dievakuasi dari dalam got.

“Susah awalnya, ada sekitar hampir satu jam evakuasi, kudanya itu sempat nggak bisa berdiri,” imbuhnya.

Meskipun mengalami beberapa lecet-lecet ringan, kuda tersebut akhirnya selamat dari kejadian tersebut.

“Sudah dibawa pulang oleh kusirnya, semoga pemilik delman atau kusir lebih berhati-hati lagi saat meninggalkan hewan ternak dalam kondisi tertentu,” tutup Onie yang juga seorang pengguna jalan itu. (don/may)