Amalan Singkat Selama Ramadan yang Mudah Dilakukan Semua Orang

33

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai umat muslim pasti tidak ingin melewatkan berbagai amalan singkat selama Ramadan demi meraih ridho Allah Swt. Amalan singkat ini mudah dilakukan berbagai kalangan.

Dilansir dari umsu.ac.id, menjalankan ibadah puasa tentu harus dilandasi rasa ikhlas agar puasa menjadi lebih berkah. Selain itu, sebagaimana janji Allah Swt, selama Ramadan pintu-pintu kebaikan terbuka lebar dan pahala dilipat gandakan.

Oleh karenanya, jangan sampai melewatkan amalan singkat selama Ramadan agar ibadah semakin maksimal. Lantas apa saja?

Berikut diantaranya:

1. Membaca Istighfar

Amalan singkat yang pertama adalah membaca istighfar. Rasulullah SAW menyarankan agar tidur dalam jumlah yang cukup untuk memulihkan tenaga, namun tidak berlebihan.

Baca Juga :   Ingin Tetap Fit Saat Puasa? Ini Tipsnya

Selain itu, disarankan untuk banyak bertaubat (istigfar) kepada Allah dalam setiap kesempatan. Siapapun bisa melakukan amalan ini di mana dan kapan saja.

2. Memperbanyak Sedekah

Sedekah memiliki nilai yang sangat mulia dalam Islam. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sedekah, baik itu dalam bentuk harta maupun kebaikan lainnya kepada sesama.

Tentu sedekah yang dilakukan semata-mata demi mendapatkan ridho Allah Swt. Jangan sampai bersedekah karena ingin mendapatkan pujian dari sesama.

3. Membaca Al-Qur’an

Amalan singkat selama Ramadan selanjutnya adalah membaca Al-Qur’an. Tak perlu sekali duduk, Bolo bisa melakukannya di mana dan kapan saja sesuai dengan kemampuan.

Misalnya seusai sahur sembari menunggu waktu subuh, bisa juga sore hari sebelum berbuka atau bahkan menyempatkan tadarus sebelum tidur di malam hari. Dengan demikian, ibadah ini akan terasa ringan dan singkat dilakukan. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.