Belasan Pohon Berusia Puluhan Tahun Ditebang untuk Mall Baru

1046

Pasuruan (WartaBromo.com) – Belasan pohon di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kota Pasuruan ditebang. Penebangan dilakukan menyusul beroperasinya mall baru di jalan setempat.

Asadi, warga Kecamatan Bugul Kidul menyayangkan penebangan belasan pohon itu. Terlebih, pohon-pohon yang ditebang berusia lebih dari 30 tahun.

Buntut dari penebangan tersebut, suasana di sekitar lokasi terasa lebih panas. “Mungkin perlu, tetapi apa sebanyak itu?” kata Asadi setengah bertanya.

Ia mengakui, regulasi memberi ruang pemberian izin untuk dilakukan penebangan. Tetapi, seyogyanya hal itu dilakukan secara ketat. Sebab, pohon-pohon tersebut berguna untuk menyerap karbon yang menjadi penyebab utama pemanasan global.

“Memang ada penggantian bibit. Tapi kemampuannya dalam menyerap karbon kan tidak sama. Belum lagi kalau bibit yang ditanam nanti mati,” kritiknya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) Kota Pasuruan, Samsul Rizal memastikan bila penebangan pohon tersebut sudah berizin.

Rizal menyebut, penebangan pohon memang boleh dilakukan asal sesuai ketentuan Perwali Nomor 43 Tahun 2012 dan telah mengantongi izin dari wali kota.

Sebelum menerbitkan izin, pemkot tetap melakukan survei ke lokasi yang dimohonkan untuk menilai apakah pohon tersebut memang perlu ditebang.

“Pemilik usaha sudah mengajukan izin penebangan pohon sejak bulan November tahun 2023 kemarin,” ujar Rizal, Selasa (02/04/2024).

Menurut Rizal, ada 18 pohon yang ditebang di Jalan Wahidin Sudirohusodo dengan berbagai ukuran. Ketentuannya, pemegang izin penebangan pohon harus mengganti bibit pohon.

Pihaknya sudah menerima 940 bibit pohon baru dari pemegang izin sebagai pengganti penebangan pohon di Jalan Wahidin Sudirohusodo. Ratusan bibit pohon tersebut berada di Taman Pekuncen.

Rizal menambahkan, nantinya bibit-bibit pohon baru tersebut akan ditanam di beberapa titik lokasi di Kota Pasuruan.

“Di lokasi yang ditebang itu nanti juga akan kami lakukan peremajaan lagi. Tapi tentu dengan pohon yang lebih cantik seperti tabebuya, dan ditata sedemikian rupa,” imbuh Rizal. (tof/asd)