Kurangi Risiko Kecelakaan Mudik, Polres Probolinggo Menyediakan Penitipan Gratis

218

Probolinggo (WartaBromo.com) – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, Polres Probolinggo mempersiapkan langkah proaktif untuk melayani masyarakat yang akan mudik. Yaitu menyediakan layanan penitipan kendaraan dan barang berharga secara gratis.

Arus mudik diprediksi akan terjadi mulai tanggal 5 hingga 9 April 2024, dengan arus balik diperkirakan pada 13 hingga 16 April 2024.

Mengantisipasi lonjakan arus mudik, Polres Probolinggo membuka layanan penitipan kendaraan dan barang berharga bagi masyarakat yang akan meninggalkan rumahnya selama perayaan Idul Fitri.

Jasa penitipan itu, tersedia di Mapolres Probolinggo, juga di 21 Polsek jajaran. Cukup dengan membawa surat kepemilikan barang yang akan dititipkan.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik jauh, untuk tidak mudik menggunakan kendaraan roda dua,” kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana, Senin (8/4/2024).

Baca Juga :   Pemuda Bikin Ribut di Warkop Dimassa hingga Desa Ini Mulai Tenggelam Akibat Peningkatan Air Laut | Koran Online 1 Nov

Selain itu, Kapolres Wisnu juga menghimbau agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik jauh untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua.

Lebih baik manfaatkan angkutan umum untuk yang akan mudik jarak jauh melebihi 80 kilometer. Sehingga tidak capek di jalan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Bagi yang terpaksa menggunakan kendaraan roda dua, disarankan untuk memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu. Supaya perjalanan dapat berlangsung dengan aman.

“Dalam berkendara, masyarakat diingatkan untuk tidak membawa beban melebihi batas dan memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan serta penggunaan helm. Selain itu, boncengan roda dua tidak boleh melebihi tiga orang,” tutur Kapolres.

Polres Probolinggo juga telah mendirikan Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan di beberapa titik strategis, seperti Pos Yan Leces, Pos Pam Gending, Pos Terpadu Kraksaan, dan Pos Pam Paiton.

Baca Juga :   Diduga Duplikat, Akun FB Ini Hina Wali Kota Probolinggo

Pos-pos ini diharapkan dapat menjadi tempat istirahat bagi pemudik setelah menempuh perjalanan yang panjang.

Kapolres berharap agar para pemudik dapat mencapai tujuan mereka dengan lancar. “Dan berkumpul kembali dengan keluarga dan kerabat tercinta di hari yang fitri,” tandas ia. (aly/saw)