Beredar Poster Duet Khofifah-Emil vs Risma-Thoriq di Pilkada Jatim 2024

2974

Surabaya (WartaBromo.com) – Sebuah poster dengan desain menyerupai surat suara Pilkada Jawa Timur 2024 beredar luas di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Memuat gambar pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak versus Tri Rismaharini-Thoriqul Haq.

Poster tersebut memperlihatkan Menteri Sosial RI dan Bupati Lumajang periode 2018-2023 itu, seakan jadi pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada 2024. Keduanya head to head menantang petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Duet Khofifah-Emil didukung oleh 4 parpol, yakni Golkar, Gerindra, PAN dan Demokrat. Sementara duet Risma-Thoriq juga didukung 4 partai, yaitu PDIP, PKB, PPP dan Nasdem.

Tanggapan warga pun beragam dengan munculnya poster tersebut. “Mengapa tidak, jika kedua pasangan itu bertarung. Sama-sama potensi,” ujar Abdullah, warga Kraksaan, Probolinggo, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga :   Golkar Kota Pasuruan Kena Semprit Bawaslu, Ada Apa?

Ada juga yang bilang terlalu dini dan tidak percaya dengan adanya poster itu. “Kayaknya iseng saja, mungkin ada yang ingin tahu reaksi warga kalo mereka ditandingkan. Ya cari angin dululah,” kata Lukman Hakim, warga lainnya.

Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, mengklarifikasi bahwa tahapan pencalonan kepala daerah belum dimulai. Sehingga poster tersebut tidak memiliki keabsahan resmi dari lembaga yang dipimpinnya.

“Tahap pencalonan calon kepala daerah masih belum, ndak tahu dari mana poster itu berasal. Bukan poster resmi yang dikeluarkan KPU Jatim,” kata mantan Komisioner Bawaslu Jatim itu.

Thoriqul Haq, salah satu figur dalam poster tersebut, menegaskan bahwa dirinya tidak mengetahui asal-usul poster tersebut. Itu sopo sing gawe (siapa yang membuat) flyer, enggak ngerti rek. Itu kan dunia sekarang sopo ae seng (siapa saja yang) memasang-masangkan sesuai seleranya masing masing gawe (bikin) flyer ya nyebar. Jadi yo gini banyak pertanyaan,” ujarnya.

Baca Juga :   Soal Spanduk PKB di Pagar Pemkot, Ini Jawaban Walikota

Cak Thoriq mengaku dirinya fokus pada pencalonan di Pilkada Kabupaten Lumajang 2024 untuk periode kedua. “Wong aku (orang saya) pengurus PKB Jawa Timur. Dan sudah dalam tahap di PKB, saya dipersiapkan ke Lumajang,” lanjutnya.

Di sisi lain, anak Risma, Fuad Bernardi, menyambut positif muatan poster tersebut. Ia senang jika ibunya berpasangan dengan Thoriqul Haq. Apalagi duet itu, diusung oleh koalisi partai pemegang kursi terbesar DPRD Jatim.

Meski demikian, keputusan final terkait partisipasi Risma dalam Pilkada Jatim masih menunggu instruksi dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Terkait pamflet yang beredar, kalau saya melihat, ya bagus-bagus aja sih menurut saya. Penentuannya ada di DPP masing-masing. Terutama terkait Bu Risma yang pasti menunggu perintah Bu Ketua Umum, Bu Mega, jadi ya kita nanti tunggu saja,” ujarnya. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.