Cara Melunasi Utang dengan Cepat

237
Uang dalam rupiah. Foto: Pixabay.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kalau Bolo punya utang yang menumpuk pasti membuat hidup tidak tenang. Bagi yang memiliki utang pasti merasa resah dan berusaha mencari cara agar utang yang numpuk bisa segera lunas.

Meski setiap orang memiliki tujuan yang berbeda untuk berutang, tetap saja jika utang numpuk, kepala pasti terasa mau pecah. Lantas, bagaimana cara cepat melunasi utang yang sudah menumpuk?

Berikut dilansir dari sahabat.pegadaian.co.id:

1. Bayar Hutang Berdasarkan Prioritas

Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin pertama, penting untuk melakukan pembayaran hutang sesuai dengan daftar yang telah disusun.

Daftar tersebut harus disusun berdasarkan skala prioritas, dengan informasi yang jelas termasuk konsekuensi dari keterlambatan pembayaran serta metode pelunasan hutang itu sendiri.

Langkah pertama adalah membuat skala prioritas berdasarkan kombinasi tenor dan jumlah total hutang yang harus dibayarkan. Selanjutnya, siapkan dana yang diperlukan untuk setiap hutang yang tercantum dalam daftar tersebut.

2. Susun Daftar Utang

Cara melunasi utang yang pertama adalah dengan menyusun daftar utang terlebih dahulu karena hal ini akan memudahkan menentukan skala prioritas nantinya.

Tulis semua utang dengan susunan sesuai yang paling diprioritaskan untuk dilunasi, termasuk besaran suku bunga. Kamu bisa beli dompet organizer uang di sini.

3. Kaji Aset yang Dimiliki

Jika ternyata utang yang dimiliki sudah melebihi rasio 30 persen, maka bisa mencoba untuk mengkaji aset yang dimiliki. Karena mau tidak mau utang harus tetap dilunasi.

Bisa mencoba untuk menjual beberapa aset yang mungkin bisa digunakan untuk membantu melunasi utang tersebut. Pertimbangkan untuk menjual kendaraan yaitu motor atau mobil, yang mungkin jumlah uangnya cukup besar, dan segera lunasi utang satu per satu. (jun)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.