Nilai MCP Kota Pasuruan Tertinggi Ketiga Se-Jawa Timur

51

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kota Pasuruan memperoleh nilai positif dalam Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK. Bahkan Kota Pasuruan peringkat 3 se-Jawa Timur.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo mengungkapkan, pencegahan korupsi di Kota Pasuruan bisa berjalan maksimal karena adanya kerja sama antar seluruh stakeholder.

Pemkot memiliki komitmen tinggi dalam urusan pencegahan korupsi, serta memiliki langkah strategis dalam menjalankan langkah preventif pemberantasan korupsi.

Adi menyebut, MCP merupakan informasi capaian program, dan dengan adanya MCP dapat menjadi pengendali bagi pejabat publik untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai integritas.

“MCP merupakan aksi nyata dari Pemerintah Kota Pasuruan, dan ini merupakan alat ukur dalam pencegahan korupsi,” ujar Adi dalam sosialisasi MCP oleh KPK RI di Gedung Gradika, Kota Pasuruan, Senin (27/05/2024).

Kepala Satuan Tugas Pencegahan Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI, Irawati mengungkapkan, dengan adanya sosialiasi ini bisa memastikan tidak akan ada potensi resiko korupsi di Kota Pasuruan.

“Proses perencanaan penganggaran, proses pengadaan, proses pelaksanaan, proses manajemen ASN, proses pengalokasian anggaran, perbelanjaan, dan pendapatan sesuai dengan real-nya,” ujar Irawati.

Nilai MCP rata-rsta nasional adalah 75,13 sedangkan nilai MCP Kota Pasuruan tahun 2023 sebesar 95,55 dimana Kota Pasuruan peringkat ke-3 se Jawa Timur dan peringkat 11 dari 548 Kabupaten/Kota se Indonesia

MCP merupakan sebuah aplikasi atau dashboard yang dikembangkan oleh KPK untuk melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi, melalui perbaikan tata kelola pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Pada saat itu juga dilakukan penandatanganan pakta integritas penyusunan dan pengesahan KUA-PPAS, penyerahan RAPBD Tahun Anggaran 2025, persetujuan dan penetapan APBD tahun anggaran 2025.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD beserta Ketua Komisi DPRD Kota Pasuruan, seluruh perangkat daerah, Camat dan Lurah se-Kota Pasuruan. (tof/**)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.