Pos Penjaga Perlintasan Kereta Api di Mangkrengan Rusak Ditabrak Bus, KAI : Penjaga Manual Dikerahkan

465

Grati (WartaBromo.com) – Pos Jaga Lintasan (PJL) kereta api nomor 150 yang berada di Jalur Pantura Mangkrengan tepat di Desa Sumberagung, Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan rusak parah usai ditabrak bus, Rabu (12/6/2024) pagi. PT. KAI melakukan penjagaan perlintasan kereta secara manual.

Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember mengatakan, sejumlah alat yang berada di pos tersebut juga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Penjaga tambahan dikerahkan untuk melakukan buka tutup perlintasan kereta api di jalur pantura tersebut. Tambahan itu berlaku sampai alat pengaman berfungsi sebagaimana mestinya.

“Alat pengamat otomatis masih belum berfungsi. Jadi sementara kita kasih penjaga satu ditambahi satu lagi untuk menjaga perlintasan kereta,” kata Cahyo.

Baca Juga :   Rombongan PWNU Jatim Kecelakaan di Tol Cipali, Gus Sonhaji Turut Jadi Korban

Diketahui, pihak KAI saat ini masih melakukan pengecekan beberapa alat yang berada di dalam pos tersebut.

“Temen-temen masih melakukan pengecekan alat-alat yang rusak. Tapi kalau alat bisa dibenahi dalam waktu dekat, namun kalau pos membutuhkan waktu lama,” ujarnya.

KA Tawangalun relasi Ketapang – Malang menjadi kereta api pertama yang melintas di lokasi pada pukul 10.35 WIB dengan aman dan lancar.

“KAI Daop 9 Jember menyesalkan atas terjadinya insiden tersebut dan KAI mengimbau kepada para pengguna jalan yang melintas di lokasi untuk lebih berhati-hati dan waspada saat akan melewati perlintasan kereta api,” tutup Cahyo.

KAI Daop 9 Jember akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk tindak lanjut atas insiden tersebut sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Akan memanggil pihak pengelola bus untuk proses ganti rugi atas kerusakan yang terjadi. (don/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.