Sempat Padam, Api di Kawasan Gunung Bromo Kembali Membara

73

Tosari (WartaBromo.com) – Api kembali muncul di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Kamis (20/6/2024) sore. Sebelumnya, api sempat dikabarkan padam.

AKP Deddy Suryo Cahyono, Kapolsek Tosari mengatakan, api yang berada di Dusun Kandangsari, Desa Mororejo, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan itu sempat padam pada siang tadi. Namun, saat petugas akan melakukan pembasahan api kembali muncul.

“Iya sore ini api kembali muncul,” kata Deddy kepada wartabromo.com.

Pihaknya saat ini terus melakukan upaya pemadaman dengan sejumlah personel gabungan dari TNI dan BPBD. “Tiga personel polsek, 2 TNI, TNBTS 25 orang, BPBD 3 personil dan warga setempat,” jelasnya.

Hingga saat ini, petugas melaporkan jika api sudah berangsur-angsur padam. pihak kepolisian juga berharap agar api tidak kembali muncul.

“Semoga tidak kembali muncul api, sudah tinggal asap-asap saja,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, petugas gabungan berhasil memadamkan kebakaran yang melanda kawasan Gunung Bromo siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB.

“Api berhasil dipadamkan pada tanggal 20 Juni 2024 sekitar pukul 11.00 wib,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani.

Api yang berada di sebelah timur selatan puncak lamen, resort PTN wilayah gunung penanjakan itu sempat dilakukan proses pendinginan di lokasi area terbakar dengan air dari jet shooter. Kebakaran tersebut juga mengakibatkan beberapa jenis tumbuhan terdampak.

“Rumput merakan, alang-alang, akasia, dan cemara gunung,” terangnya.

Pihak TNBTS juga masih menganalisa penyebab dan luas lahan yang terbakar di Bromo. “Menganalisa dan mengidentifikasi luas area terbakar,” tuturnya. (don/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.