Satu Visi Perubahan, PKS Dukung Gus Haris Tanpa Mahar

76

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Probolinggo resmi mengumumkan dukungannya kepada Gus Haris sebagai Calon Bupati (Cabup) Probolinggo untuk Pilkada 2024. PKS menjadi partai pertama yang memberikan rekomendasi kepada Gus Haris tanpa meminta mahar politik.

Ketua DPD PKS Kabupaten Probolinggo, Rifqi Abdillah, menyampaikan bahwa rekomendasi ini diberikan karena kesamaan visi dan misi dengan Gus Haris, yaitu semangat perubahan.

“Rekomendasi sudah kami serahkan. Dan kami bukan hanya sebagai pendukung, tapi merupakan partai pengusung, karena secara konstitusional, kami memiliki kursi,” ujarnya pada Senin (24/6/2024).

Rifqi menegaskan bahwa tidak ada mahar yang diminta dalam proses ini. “Tidak ada mahar apa pun dalam hal ini, murni karena kesamaan visi, yakni perubahan,” tambahnya.

Baca Juga :   Baku Tembak Penangkapan Begal, Hingga Buruh Tolak UU Cipta Karya | Koran Online 7 Okt

PKS memberikan kebebasan penuh kepada Gus Haris untuk memilih calon wakilnya. “Kami serahkan kepada beliau. Siapa pun yang dipilih Gus Haris, pasti kami dukung,” jelas Rifqi.

Proses komunikasi antara PKS dan Gus Haris sudah berlangsung sejak Maret lalu, dimulai dengan serap aspirasi yang menunjukkan dukungan mayoritas dari internal PKS. Rekomendasi resmi diterima pada 1 Juni setelah melalui persetujuan dari DPW dan DPP PKS.

“Setelah deklarasi ini, saatnya PKS bekerja untuk memenangkan Gus Haris sebagai Bupati Probolinggo di Pilkada 2024,” tambah Rifqi.

Gus Haris mengapresiasi dukungan PKS dan menyebut partai tersebut sebagai yang pertama memberikan rekomendasi. “Kesempatan berkumpul seperti ini (deklarasi) dengan teman-teman koalisi untuk membersamai. Bagaimana Probolinggo ke depannya,” ucapnya.

Baca Juga :   Sekeluarga Dihantam Kereta Api di Beji, hingga Elang Bido Dievakuasi Warga I Koran Online 21 Sept

Gus Haris juga menyebutkan kemungkinan bergabungnya PKB dalam koalisi besar bersama partai-partai lain seperti Golkar, PPP, Gerindra, dan sejumlah partai non parlemen.

“Insyaallah, sudah mengarah ke sana (koalisi). Ini tidak lagi berbicara tentang pasangan partai, tetapi juga kebersamaan sosial, kebersamaan pesantren,” lanjut salah satu pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong itu.

Deklarasi dukungan dan penyerahan surat rekomendasi kepada Gus Haris dilaksanakan di salah satu cafe Jalan dr. Saleh, Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan. Dengan dihadiri oleh sejumlah pimpinan partai politik, baik dari DPRD maupun partai non parlemen di Kabupaten Probolinggo. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.