AQUA Keboncandi Konsisten Jalankan CSR di Masa Pandemi

1840

Keboncandi (WartaBromo.com) – Meski wabah pandemi Covid-19 kembali meningkat, PT Tirta Investama Plant Keboncandi terus menjalankan komitmen Corporate Socil Responsibility (CSR) perusahaan terhadap pengembangan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan. Salah satunya melalui program Local Economic Development (LED).

Bertempat di Balai desa Tenggilisrejo Kecamatan Gondangwetan, kegiatan Kick Off Meeting sebagai awal dari pelaksanaan program LED 2021 dilakukan untuk mensosialisasikan program kepada para pemangku kepentingan terkait. Tentunya dengan pembatasan peserta dan mengedepankan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut menghadirkan perwakilan dari pemerintah Kecamatan Gondangwetan dan Winongan, pemerintah desa Tenggilisrejo, Keboncandi, dan Mendalan. Kemudian, PKK dan Karang Taruna dari setiap desa sekitar perusahaan.

Hari Wicaksono selaku SR Manager AQUA Keboncandi mengatakan, program sosial perusahaan telah dinisiasi sejak 2009. Dengan terus berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang memiliki dampak positif bagi lingkungan dan bagi masyarakat sekitar.

Sebelumnya, perusahaan telah melakukan pemetaan sosial termasuk mengidentifikasi potensi-potensi lokal di wilayah sekitar perusahaan. Hal ini sebagai dasar dalam merumuskan program yang berkelanjutan. Pengembangan ekonomi masyarakat menjadi bagian dari community development yang merupakan program berkelanjutan dengan tujuan menumbuhkembangkan dan meningkatkan kemandirian masyarakat secara ekonomi melalui kewirausahaan berbasis potensi kearifan lokal sekitar. Tujuan perusahaan tidak lain agar maju dan sejahtera bersama masyarakat.

Sebagai perwakilan dari perusahaan, Hari menyampaikan bahwa kolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait menjadi kunci keberhasilan program.

KONSISTEN: Hari Wicaksono, SR Manager Aqua Keboncandi mensolisasikan program CSR Aqua Keboncandi kepada warga.

Pada kesempatan yang sama, Hari Hijroh Saputra selaku Camat Gondangwetan menyambut baik inisiasi yang dilakukan AQUA Keboncandi dalam mendukung program pembangunan desa sekitar. Camat juga menyampaikan bahwa pemerintah desa maupun masyarakat harus memanfaatkan peluang program ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan lively hood masyarakat. Apalagi secara geografis didukung oleh sumberdaya air yang melimpah, sehingga banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan usaha produktif perikanan.

Hijroh juga mendorong pemuda desa untuk aktif dan berinovasi membangun perekonomian desa dengan potensi-potensi lokal yang ada. Akan tetapi dalam implementasinya tidak hanya serta merta berdasarkan ide atau gagasan sepihak, melainkan juga harus dikuatkan oleh baseline data yang mencerminkan potensi dan kebutuhan komunitas atau masyarakat di setiap desa.

Disamping itu, dirinya juga berpesan bahwa program harus bersinergi dengan program pemerintah setempat, baik di tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Sebagai mitra Yayasan Social Investment Indonesia (YSII) berkerjasama dengan AQUA Keboncandi menjalankan program Local Economic Development tahun 2021. Sebelumnya, YSII juga dipercaya untuk menjalankan program yang sama pada 2020. Musmin Nuryandi sebagai Program Manager menyampaikan capaian-capaian program pada 2020 yang berfokus pada pengembangan ekonomi mikro berupa koperasi, peningkatan usaha produktif batik, dan pembentukan usaha produktif di sektor perikanan darat.

Selama durasi program tahun 2020 telah terbentuk lima Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang menjalankan budidaya perikanan lele di Desa mendalan. Harapannya di tahun ini akan terbentuk kelompok usaha produktif perikanan yang lebih massif di wilayah sekitar perusahaan. Karena selain ketersediaan sumber daya usaha perikanan juga didukung ketersediaan pasar yang potensial di Kabupaten Pasuruan.