Mengunjungi Poklahsar Jelak Joyo Food, Binaan Dinas Perikanan Kota Pasuruan

859

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dinas Perikanan Kota Pasuruan saat ini memiliki puluhan binaan kelompok pengolah dan pemasar (poklahsar) ikan. Salah satu poklahsar yang cukup berkembang adalah Jelak Joyo Food.

Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Romli membeberkan, di Kota Pasuruan saat ini ada 34 poklahsar di bawah binaan Dinas Perikanan.

Poklahsar ini dibentuk dengan maksud memberdayakan masyarakat agar ikan yang hasil tangkapan ataupun budidaya memiliki nilai tambah dengan diolah dalam berbagai bentuk.

Tiap-tiap poklahsar itu memiliki produk hasil olahan ikan yang berbeda-beda mulai dari kerupuk ikan, ikan asap, ikan asin, dan berbagai makanan ringan yang berbahan dasar ikan.

Dijelaskan Romli, dalam pembinaan poklahsar ini, dinas perikanan berperan membantu kelompok-kelompok tersebut terutama di bidang pemasaran dan mengikutsertakan kelompok-kelompok tersebut dalam pelatihan-pelatihan.

“Kita biasanya bantu akses pemasaran. Melalui sosial media. Kita juga fasilitasi terkait legalitas usaha,” kata Romli.

Di antara poklahsar yang dibina dinas perikanan, salah satu yang sudah cukup berkembang adalah Poklahsar Jelak Joyo Food. Poklahsar ini memiliki produk unggulan olahan bandeng.

Wakil Ketua Poklahsar, Sofiyatul Husna mengatakan, kelompok mereka mulai berdiri pada tahun 2018. Saat itu mereka bergerak secara swadaya.

“Waktu itu urunan sendiri. Kulakan bandeng 2 kg,” ujarnya.

Sekarang mereka bahkan busa kulakan ikan satu hingga dua kuintal. Menurut Sofiyatul, bantuan dinas perikanan dalam mempromosikan dan memasarkan produk mereka cukup berdampak signifikan pada penjualan.

“Ya alhamdulillah kita akhirnya dikenal dinas-dinas. Jadi kalau ada rapat-rapat atau apa gitu pesannya di sini,” kata Sofiyatul. (tof/**)