BMKG : Intensitas Hujan Tinggi, Waspada Banjir Tiap Hari

550

Pandaan (Wartabromo) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kelas II Tretes memprediksikan selama bulan Januari hingga Pebruari 2012, hujan akan terjadi hampir setiap hari dengan tingkat intensitas mencapai 115 mm hingga 200 mm. Hal ini berakibat terhadap datangnya banjir di daerah dataran rendah yang berada di bawah permukaan laut.

“Daerah-daerah dataran rendah bisa terancam banjir setiap hari,” ujar Nugraha Priyalaksmana, Kasi Observasi dan Informasi BMKG kelas II Tretes, saat dihubungi melalui ponselnya, Rabu (4/1/2011).

Lebih lanjut Nugraha menjelaskan, daerah-daerah dataran rendah bisa berpotensi banjir apabila tingkat curah hujan sudah mencapai minimal 80 mm. Sementara kondisi sungai yang dangkal serta drainasenya yang tidak optimal membuat air yang melewati sungai sering meluap dan berakibat banjir.

”Pada bulan Januari hingga Pebruari, warga di daerah dataran rendah mesti waspada banjir bisa datang sewaktu-waktu,” tambah Nugraha.

Sejumlah daerah dataran rendah yang rawan banjir di Kabupaten dan Kota Pasuruan, meliputi wilayah Kecamatan Pohjentrek, Beji, Bangil, Kraton, gadingrejo dan juga kecamatan Rejoso serta Grati. Daerah-daerah tersebut dilewati oleh sejumlah sungai seperti Welang, Rejoso, Kedunglarang, Gembong dan Sungai Wrati. (left/yog)