Pilkada Masih Lama, Gambar Irsyad Yusuf Sudah Naik Becak

619

Pasuruan (wartabromo) – Meski pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kabupaten Pasuruan masih lama, namun sejumlah nama mulai berani tampil di depan publik. Salah satunya nama Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan yang juga Ketua DPC PKB, Irsyad Yusuf.

Gambar adik Wakil Gubernur Jawa timur tersebut mulai banyak dijumpai terpampang di puluhan becak yang biasanya mangkal di kawasan Alun-Alun Bangil, Pasuruan. Tidak tanggung-tanggung di gambar tersebut tertulis jelas ‘Gus Irsyad Calon Bupati Pasuruan 2013-2018 Bekerja Untuk Rakyat’.

Seorang tukang becak yang enggan disebut namanya mengaku sengaja memasang gambar tersebut di sandaran kursi penumpang usai diberi oleh seseorang yang tak dikenalnya beberapa hari lalu.

“Saya disuruh masang, ya saya pasang aja mas,” ujar si Tukang becak malu-malu.

Sementara itu, saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkatnya, Ketua DPC PKB, Irsyad Yusuf membantah jika dirinya dianggap melakukan pelanggaran akibat melakukan sosialisasi lebih awal sebelum masuk tahapan pilkada.

Menurutnya, tidak ada kata ajakan apapun dalam gambar tersebut sehingga tidak ada unsur yang dianggap sebagai suatu pelanggaran.

“Kita tidak melakukan ajakan atau apapun. Justru karena belum ada proses maka apa yang dilanggar.” Tulisnya via sms .

Menyikapi hal tersebut, Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Habib Zaenal Abidin mengatakan  memang tidak ada yang dilanggar, namun sebaiknya mereka yang berniat maju dalam pilkada 2013 untuk lebih menahan diri karena belum masuk tahapan pilkada.

“Saya minta mereka menahan diri dulu, agar masyarakat tidak bingung,” ujar Habib Zaenal, Minggu (15/1/2012).

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, prosesi pendaftaran Cabup- Cawabup sendiri baru dimulai pada bulan nopember, sementara verifikasi calon pada bulan maret 2013.(yog/yog)