Banyak Buta Aksara, Wabup Edi Paripurna Ngajar Membaca

784


Pasuruan (wartabromo) – Wakil Bupati Pasuruan, Edi Paripurna untuk sementara beralih profesi menjadi tutor guna mengajari warga Desa Pasrepan Pasuruan belajar membaca.

Edi mencoba dengan telaten mengajar ibu-ibu membaca dan mengenalkan aksara yang selama ini tak sempat mereka kenal sepanjang usianya.

Mereka adalah satu dari 600 kelompok warga belajar yang ada di Pasuruan dan berada dibawa naungan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar(PKBM) Taruna Bangsa di Desa Rejosalam Kecamatan Pasrepan Pasuruan.

Lemahnya pemahaman warga karena faktor usai sempat membuat orang nomer dua di Kabupaten Pasuruan tersebut sempat berkeringat, apalagi para ibu tersebut hanya bisa ngowe (tertegun)melihat apa yang diajarkan padanya.

“Ini huruf apa bu?,” ujarnya berulang-ulang sambil menunjukkan ke arah huruf yang telah ditulisnya di papan putih berukuran 1,5 x1,5 meter.

Menurutnya, ternyata tidak mudah menjadi tutor atau pengajar para penyandang buta aksara karena apalagi yang diajar adalah orang tua yang sudah berusia lanjut dan daya ingatnya mulai berkurang.

“Sampai kemringet,(keringatan),”kata Wabup usai mengajar.

Kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Edi Paripurna tersebut bukan untuk seterusnya melainkan terjadi ketika dirinya meresmikan Pusat kegiatan Belajar Mengajar PKBM taruna bangsa di desa rejosolam Kecamatan Pasrepan, Rabu (1/2/2012).

Hal ini dilakukan mengingat masih besarnya jumlah penyandang buta aksara di Kabupaten Pasuruan yakni mencapai hingga 119.908 orang.

Sementara di Kecamatan Pasrepan sendiri jumlah penyandang buta aksara mencapai 8.028 orang terdiri atas 2.698 orang laki-laki dan 5.330 perempuan. (yog/yog)