Flu Burung Serang Kota Pasuruan

486

Pasuruan (wartabromo)– Warga Kelurahan Petamanan Kota Pasuruan digegerkan dengan munculnya wabah flu burung yang kini menyerang ayam-ayam milik mereka.

Hal ini diketahui setelah dua ayam milik Siami, warga kelurahan petamanan RT 2 RW 3 Kota Pasuruan yang dilaporkan pada dinas setempat dinyatakan positif terinfeksi virus flu burung.

Salah seorang petugas Keswan Kesmavet, drh Huda Dwi Novanto menjelaskan, berdasarkan hasil laboratorium tipe B milik Propinsi Jatim, ayam-ayam milik warga yang mati mendadak sejak sepekan terakhir dinyatakan positif terjangkit flu burung.

“Hasilnya positif, sehingga warga yang berada di wilayah ini harus dilokalisir,” ujar Huda saat ditemui di kandang milik Siami, Jum’at (17/2/2012).

Lebih lanjut Huda menambahkan, sebagai langkah antisipatif terkait serangan flu burung ini, pihaknya meminta agar unggas-unggas milik warga untuk dimasukkan ke dalam kandangnya, selain itu perlu adanya pemusnahan unggas-unggas milik warga di lokasi yang terjangkit virus flu burung tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun wartabromo hingga saat ini terdapat sedikitnya 18 ekor ayam milik warga kelurahan Petamanan tewas mendadak, dua diantaranya dinyatakan positif terjangkit flu burung setelah dilakukan tes laboratorium oleh dinas terkait.

Hingga saat ini, warga setempat mengaku sangat khawatir, mereka berharap agar dinas terkait segera melakukan pemusnahan ayam-ayam yang diduga terjangkit virus berbahaya ini. (yog/yog)