Pasoeroean Kolobendho Digelar, GOR Diubah Jadi Kampung

579


Pasuruan (wartabromo) – Suasana halaman GOR Untung Surapati yang terletak di Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan mendadak berubah menjadi perkampungan yang dipenuhi dengan rumah-rumah bambu dengan nuansa lawas Kota Pasuruan, Jum’at (2/3/2012).

Sejumlah orang terlihat lalu lalang dengan pakaian-pakaian tradisional baik laki-laki maupun perempuannya, seakan ingin mencoba memunculkan era awal berdirinya Kota Pasuruan yang kini diperingati ke- 326.

Walikota Pasuruan, Hasani yang membuka secara resmi kegiatan bertemakan “Pasoeroean KoloBendho” tersebut, juga berpakaian tidak seperti biasanya, lelaki berdarah madura tersebut terlihat mengenakan pakaian khas maduranya, sementara Ketua DPRD, Ismail juga tampak tampil beda dengan mengenakan pakaian ala pejuang 45.

Jum’at Sore sekitar pukul 03.00 WIB, lingkungan GOR Untung Surapati yang biasanya sepiĀ  memang berubah menjadi ramai dengan canda tawa para pejabat SKPD di lingkungan Pemkot Pasuruan yang saling beradu gaya berpakaian se-lawas dan se-jadul mungkin guna mendapatkan nuansa yang diharapkan oleh Panitia.

“Kita memang sengaja membuat suasana baru dengan mengambil lokasi GOR untung Surapati,” ujar Mahbub Efendi, Kepala Disporabud Kota Pasuruan yang menjadi leading sector kegiatan ini.

Mahbub efendi yang juga mengenakan pakaian ala pejuang 45 tersebut menjelaskan, suasana baru yang dimaksud adalah mengubah lokasi kegiatan rutin tahunan Pasuruan jaman biyen di Jalan Balai Kota Pasuruan menjadi Pasoeroen Kolobendho di komplek GOR Untung Surapati.

“Temanya dan lokasinya sengaja dibuat beda,” tambah Mahbub sembari mengikuti Walikota Hasani yang berkeliling ke 80 unit stand yang ada dalam kegiatan tersebut.

Dari pengamatan wartabromo di lokasi, stand yang rata-rata berupa rumah bambu tersebut dibuat oleh masing-masing instansi di lingkungan Pemkot Pasuruan serta beberapa sekolah menengah hingga atas.

“Ada juga stand perniagaan lho!” ujar Mahbub yang ingin menegaskan bahwa stand tersebut milik masyarakat umum dan menjual aneka jajanan bagi para pengunjung.

Menurutnya, kegiatan Pasoeroen Kolobendho sendiri rencananya akan berlangsung mulai Jum’at (2/3/2012) sore hingga Sabtu (3/3/2012) malam. (yog/yog)