Ulat Bulu Serbu Alastlogo, Warga Resah

568

Lekok (wartabromo) – Warga Desa Alastlogo Kecamatan Lekok, Pasuruan diresahkan dengan munculnya ribuan ulat bulu yang menyerang pohon asam dan Johar di daerah setempat.

Ulat-ulat bulu tersebut menempel dan membentuk koloni pada ratusan pohon asam maupun Johar yang tersebar di 6 dusun yakni Dusun Awu Barat dan Timur, Dusun Tlogo Barat dan Timur serta Dusun Krajan Barat dan Timur.

Dikutip dari suarapasuruan.com, salah seorang warga setempat, Muchdor (37) mengaku, ulat-ulat tersebut mulai muncul sejak selasa (6/3/2012) dan jumlahnya terus bertambah sehingga membuat warga khawatir terkena penyakit gatal-gatal mengingat jumlah ulat bulu yang tidak wajar tersebut.

“Belum masuk rumah mas, tapi terkena satu saja gatal, apalagi ribuan,” ujarnya.

Khawatir menyebar hingga ke rumah-rumah warga, pihak Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan kemudian melakukan penyemprotan insektisida ke sejumlah pohon milik warga di 6 dusun tersebut.

Populasi ulat bulu yang sangat besar tersebut diduga dipegaruhi oleh faktor anomali cuaca akhir-akhir ini.

“Ulat bulu sangat suka dengan kelembaban sehingga jumlahnya bisa mencapai ratusan per pohon,”ujar Suparto, Pengamat hama penyakit di UPT Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Jatim, Kamis (8/3/2012).

Lebih lanjut Suparto menjelaskan, ulat-ulat tersebut bisa berkembang biak dengan cepat saat musim hujan akibat tingkat kelembabannya yang cukup tinggi.

“Kita akan semprotkan cairan insektisida dan dipastikan semua ulat bulu akan mati dengan sendirinya,” pungkasnya. (mil/yog)