Mobil Internet Belum Bisa Rambah Pelosok Desa

666

Kejayan (wartabromo)– Layanan akses Internet  belum sepenuhnya bisa dirasakan oleh masyarakat pedesaan. Pasalnya, sejumlah desa di wilayah Kabupaten Pasuruan sebagian aliran listriknya masih ada yang hanya 400 watt sedangkan kebutuhan sejumlah peralatan elektronik seperti komputer voltase listriknya semestinya sudah di atas 900 watt.

Hal ini pula yang menjadi kendala Mobil Pelayanan Internet Kecamatan (MPLIK) tidak bisa menjangkau sejumlah daerah pedesaan yang masih memiliki volatase tegangan rendah.

Menurut salah seorang operator MPLIK wilayah 2 yang ditemui wartabromo, saat ini pihaknya masih standby antar kecamatan yakni Kejayan, Wonorejo, Purwosari, Purwodadi hingga Kecamatan Tutur. 1 unit MPLIK memiliki wilayah operasional berbeda yang terbagi dalam 5 wilayah di 24 kecamatan se- kabupaten Pasuruan.

“Sementara ini kita masih cari tempat yang sesuai, jika ada desa yang voltasenya cukup maka kami akan ke desa tersebut,’ ujar Nadir, Senin (12/4/12).

MPLIK adalah  Mobil yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa menampung hingga 6 laptop yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Di mobil tersebut juga tersedia kursi untuk tempat duduk pengunjung saat melakukan akses internet.

Dari pengamatan wartabromo, di Kecamatan Kejayan, warga terlihat sangat antusias untuk menikmati Pelayanan intenet murah tersebut terutama para pelajar usai pulang sekolah.

“Murah mas, hanya bayar seribu rupiah per- jam,” ujar Wulan, seorang pelajar SMP sambil sibuk browsing.

Berdasarkan data yang dihimpun wartabromo, saat ini di Kabupaten Pasuruan memiliki 5 unit mobil pelayanan internet kecamatan (MPLIK) yang tersebar di 5 wilayah bagian kecamatan di Kabupaten Pasuruan. MPLIK  rata-rata dilengkapi dengan  6 unit Laptop yang bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya.   (jid/yog)