Proyek Tol Gempol-Pandaan Dimulai, Agustus 2013 Beroperasi

694

Gempol (wartabromo) – Proyek jalan tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,15 km yang sudah direncanakan sejak tahun 2006 silam akhirnya dimulai pengerjaannya dengan ditandainya pemasangan tiang pancang oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, Rabu (4/4/2012).

Pembangunan tol Gempol-Pandaan yang akan dilakukan oleh PT Margabumi Adhikaraya tersebut ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu 15 bulan melalui dua tahap pengerjakan yakni tahap pertama Gempol-Taman dayu pandaan sepanjang 12, Km dan tahap kedua Pandaan-Karangjati sepanjang 1,5 Km.

Menurut Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, Pembangunan jalan tol tersebut akan mengabiskan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun yang berasal dari modal sendiri dan pinjaman dari Bank Panin.

Pihaknya berharap pembangunan jalan tol Gempol Pandaan nantinya bisa memudahkan angkutan barang antara surabaya dengan wilayah selatan jawa timur sehingga proyek pengerjaannya  bisa dipercepat dan selesai pada bulan agustus 2013 mendatang.

” Yang jelas kita harapkan 2013 sudah dapat beroperasi,” ujar Hermanto Dardak saat ditemui sejumlah wartawan usai meresmikan tiang pancang di Gempol, Pasuruan, Rabu (4/4/2012).

Ditambahkannya, pengerjaan proyek tol Gempol- Pandaan ini sekaligus juga melanjutkan proyek pembangunan paket tol surabaya dengan daerah selatan jawa timur lain yakni tol gempol-pasuruan sepanjang 34,5 Km dan juga Porong menuju Gempol sejauh 11,5 Km.
Sementara itu, Wakil ketua P2T Kabupaten Pasuruan, Suharto menambahkan, jika proyek tol Gempol-Pandaan sendiri membutuhkan luas lahan sebanyak 102,4 hektare terdiri atas 1.652 bidang tanah yang melewati 14 desa dan 4 Kecamatan.

Pembebasan lahan tersebut telah menghabiskan anggaran sebanyak Rp. 156 Miliar dengan konsinyasi sebanyak 114 bidang tanah yang kini dititipkan di Pengadilan Negeri Bangil. (yog/yog)