Pemprop Jatim Janji Gelontorkan Dana Penanggulangan Kebakaran Hutan

221
Foto: Ilustrasi

Sukorejo (wartabromo) – Total seluas 150 hektar hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo ludes dalam kebakaran yang terjadi sepekan terakhir. Pemerintah Propinsi Jawa Timur akan menggelontorkan dana untuk penanggulangan kebakaran.

Pemprop berencana menggunakan dana cadangan yang mencapai 80 miliar untuk menanggulangi kebakaran. “Bisa menggunakan dana cadangan sejumlah Rp 80 miliar,” kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf saat menghadiri sebuah acara di Sukorejo, Selasa (18/09/2012).

Penggunaan dana cadangan, kata dia, bisa dilakukan asal sesuai dengan prosedur. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Pasuruan agar penggunaan dana bisa dipertanggungjawabkan.

Karena kawasan Tahura dikelola Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, ia akan langsung menghubungi Kepala Dinas Kehutanan, Gatot Subektiono untuk segera menanganinya. Dikatakannya, penanggulangan harus cepat agar kerugian tidak semakin besar. Termasuk dampak yang ditimbulkan saat musim hujan seperti banjir dan tanah longsor.

“Harus cepat ditangani agar kerugian tidak semakin besar,” tandasnya.

Disinggung soal aksi solidaritas ‘Koin Peduli Arjuna – Welirang’ yang dilakukan sejumlah elemen, Saifullah Yusuf mengaku prihatian dan berharap aksi serupa tidak dilakukan lagi.

“Seruan moralnya yang saya tangkap. Pemerintah Propinsi sudah menyediakan dana,” pungkasnya. (fyd/fyd)