Asyik! Gunung Arjuna – Welirang Kembali Dibuka untuk Pendakian

325

Prigen (wartabromo) – Kabar menggembirakan bagi para pendaki. Setelah lebih dari sepekan ditutup, kawasan Gunung Arjuna – Welirang kembali dibuka untuk pendakian. Kepastian itu dikatakan pihak Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, selaku pemangku kawasan.

“Kita Buka lagi pada 1 Desember 2012,” kata Hadi Khoirul, pemandu Wisata Kawasan – Gunung Arjuna – Welirang, Hadi Khoirul, Rabu (28/11/2012).

Kawasan Gunung Arjuna – Welirang ditutup untuk pendakian sejak Minggu (18/11/2012). Pendakian ditutup bersamaan dengan pencarian Tim SAR pelajar SMKN 3 Surabaya yang hilang.

“Pasca kejadian itu, kita lakukan evaluasi dan memutuskan untuk melakukan recovery (pemulihan) agar insiden ini tidak terulang lagi,” imbuh Hadi.

Pemulihan jalur pendakian dikhususkan pada pembenahan jalur setapak yang dirasa sudah mengabur agar kembalikan terlihat jelas oleh para pendaki. Hal itu dilakukan agar tidak menyesatkan para pendaki.

Jalan setapak yang seringkali menyesatkan para pendaki, kata Hadi, berada di jalur setelah melewati Pos Pondokan (ketinggian 2.900 mdpl – 3.000 mdpl). Di titik tersebut terdapat persimpangan antara Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

“Jalan setapak di daerah tersebut banyak memiliki cabang dan tampak sulit dijangkau jika dilihat pendaki,” pungkasnya. (fyd/fyd)