Waspadai Macet Saat Tahun Baru, Polisi Berlakukan Contra Flow

221
ist.

Bangil (wartabromo) – Polisi memprediksi akan terjadi penumpukan volume kendaraan di berbagai titik menjelang malam pergantian tahun. Untuk mengantisipasi kemacetan, rekayasa lalu-lintas akan diberlakukan.

Tiga titik yang menjadi fokus perhatian Satuan Lalu-lintas Polres Pasuruan yakni di Gempol, Pandaan dan Purwosari. Di ketiga titik itu, akan dipasang barigade tali sebagai upaya mencegah kemacetat.

“Diprediksi akan terjadi penumpukan kendaraan di tiga titik itu menjelang malam pergantian tahun karena meningkatnya volume kendaraan yang akan menuju Malang,” kata Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP Toni Prasetyo, Sabtu (29/12).

Di Gempol, barigade tali akan dipasang di Kejapan setelah median jalan, agar para pengendara melewati bundaran Apollo saat akan putar balik. Sedangkan di Pandaan, barigade tali akan di pasang di depan Masjid Cheng Ho sampai perempatan patung sapi.

“Di simpang tiga Purwosari sampai Sengon juga akan kita pasang barigade tali,” imbuh Toni.

Di lapangan penerapan barigade situasional, bergantung pada peningkatan volume kendaraan dari arah Surabaya menuju Malang.

“Jika mulai terjadi peningkatan volume kendaraan dari arah Surabaya ke Malang, maka barigade tali akan kita pasang di jalur sebelah selatan atau ruas arah Malang – Surabaya,” jelasnya.

Selain mengantisipasi kemacetan jalur Surabaya – Malang, polisi juga akan melakukan penyekatan di sekitar alun-alun Bangil dan jalur menuju kawasan Tretes, Prigen. Hal itu karena puncak konsentrasi warga saat malam tahun baru akan terjadi di dua titik tersebut.

“Pukul 20.00 Wib, menjelang pergantian tahun, jalur ke Prigen kita tutup,” imbuhnya. (fyd/fyd)