Tersesat di Gunung Welirang, Mahasiswa UPN Ditemukan Pencari Rumput

485
Repro: Alfian di puncak Welirang beberapa saat sebelum dinyatakan hilang.

Prigen (wartabromo) – Setelah dilaporkan hilang sejak Selasa (25/12/2012), Alfian Acak Aldino (22), mahasiswa UPN Surabaya akhirnya ditemukan. Ia ditemukan warga yang sedang mencari rumput di sebah sungai Hutan Sadapan, Sekuti, Prigen, sekitar pukul 15.00 Wib, Rabu (2/1/2013).

“Ditemukan warga di wilayah Sekuti (1400 mdpl), lalu dilaporkan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Selasa (2/1/2013).

Setelah mendapat laporan dari warga, kata dia, Alfian kemudian dievakuasi dan dilarikan ke puskesmas Prigen untuk diberikan perawatan.

Dari informasi yang dikumpulkan, Alfian ditemukan oleh lima warga yang sedang mencari rumput di kawasan Hutan Sadapan, Dusun Sekuti, Kelurahan Prigen. Ia ditemukan di tepi sungai dengan kondisi tidak bisa berjalan karena terjepit bebatuan. Saat ia melihat ada warga yang sedang mencari rumput, ia berteriak minta tolong.

“Mendengar teriak minta tolong, mereka lalu menolongnya,” ujar salah seorang anggota Linmas Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen yang terlibat dalam pencarian.

Di puskesmas Prigen, kondisi Alfian sangat lemah. Sejumlah luka lecet tampak di wajah, dada dan tangannya. Alfian bertahan hidup dengan susu sereal perbekalannya selama sembilan hari tersesat di atas gunung. Setelah beberapa saat dirawat di puskesmas Prigen, ia kemudian di bawa ke Surabaya.

Sementara itu, tidak ada keterangan resmi dari pihak SAR terkait penemuan Alfian oleh pencari rumput ini. Beberapa wartawan yang ingin mewancarai Alfian dan mengambil foto juga tidak diberikan izin. (fyd/fyd)