Polres Pasuruan Kota Amankan Dua Pencuri Spesialis Rumah Mewah

303
Spesialis - Dua anggota komplotan spesialis pembobol rumah mewah dan peluhan barang bukti diamankan, Kamis (10/01/2013). Foto: G Arif Subagyo

Pasuruan (wartabromo) – Dua anggota komplotan pencuri spesialis rumah mewah digulung polisi. Puluhan peralatan elektronik hasil kejahatan juga berhasil diamankan. Keduanya dibekuk sebelum sempat menjual hasil curiannya karena belum terkumpul banyak.

Tersangka yang berhasil diamankan yakni Agus Mujiono (45), warga Pucang, Sidoarjo dan Viki Yudi Pramono (35), Candi, Sidoarjo. Mereka merupakan dua dari lima anggota koplotan yang beraksi di berbagai lokasi di wilayah Pasuruan, Probolinggo dan Bayuwangi.

“Para tersangka lainnya masih dalam pengejaran. Semoga dalam waktu dekat berhasil kita tangkap,” kata Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Asep Akbar Hikmana, Kamis (10/1/2013).

Komplotan ini merupakan spesialis pencuri rumah mewah yang ditinggalkan pemiliknya. Sebelum beraksi, kata Asep, mereka biasanya melakukan pemetaan lokasi.

Mereka tercatat beraksi di belasan TKP di wilayah Pasuruan, seperti Pasuruan Kota, Bangil, Beji, Pandaan. Selain itu, mereka juga pernah beraksi di Probolinggo dan Banyuwangi.

“Pelaku merusak rumah dengan cara membongkar jendela, pintu maupun atap dengan linggis dan alat lain,” jelas Asep.

Dari penangkapan tersebut, polisi berhasil mengamankan 2 unit motor, 6 LCD TV, 4 laptop, 5 kamera, kipas angin dan VCD Player. Selain barang bukti hasil curian, petugas juga menyita 2 buah linggis dan 1 unit Mobil Avanza yang digunakan dalam beraksi. Mobil tersebut diakui merupakan mobil sewaan.

Para tersangka biasanya menyimpan barang-barang hasil curiannya di sebuah gudang dan menunggu sampai terkumpul banyak untuk dijual. “Belum sempat menjual, sudah ditangkap,” kata Agus Mujiono, salah satu tersangka. (fyd/fyd)