Hormati Haul Kyai Abdul Hamid, Pemkot Liburkan Seluruh Siswa

364
Khusu' - Setiap hari makam Kyai Hamid selalu ramai oleh peziarah. Foto: M Athuf al - Fayyadh

Pasuruan (wartabromo) – Pemkot Pasuruan meliburkan semua sekolah seluruh tingkatan pada Senin (21/01) esok. Keputusan itu diambil untuk menghormati acara haul KH Abdul Hamid digelar pada hari itu.

Hal itu disampaikan Kabag Humas Pemkot Pasuruan, Raden Murahanto kepada wartabromo.com, Jumat (18/1). Menurut dia keputusan itu diambil demi menghormati Kyai Abdul Hamid.

“Untuk menghormati Haul KH Abdul Hamid karena pada tahun-tahun sebelumnya sebagian besar siswa yang beragama Islam di kota santri ini menghadiri haul,” ujar Raden Murahanto, Jumat (18/1/2013).

Keputusan itu didasarkan pada Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kota Pasuruan Nomor 420/64/423.102/2013 serta Disposisi Nota Dinas Walikota Pasuruan Nomor 450/19/2013 tertanggal 9 Januari 2013. Pelajar mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas, libur.

“Pemkot melalui Dinas Pendidikan dan Kamenag sudah sosialisasikan keputusan tersebut sudah dilakukan sejak surat edaran keluar, Sehingga diharapkan sudah diketahui oleh para pelajar,” ujarnya.

Menurut dia, keputusan itu diambil sebagai langkah awal penetapan Haul KH Abdul Hamid sebagai libur lokal Pemkot Pasuruan secara permanen. Pihak Pemkot juga sudah mengkonsultasikannya kepada Bagian Biro Hukum dan Organisasi Pemprov Jatim.

Tahun-tahun sebelumnya, haul KH Abdul Hamid selalau dihadiri puluhan ribu orang dari berbagai daerah. Mereka merupakan santri dan pengagum kyai khos itu. Di hari-hari biasa makam ulama yang dikenal sebagai wali Allah yang berada di Masjid Jami’ Al – Anwar, Kota Pasuruan selalu dihadiri ribuan peziarah. (fyd/fyd)