Banjir Rendam Dua Desa di Pasuruan, Warga Naik Perahu

598

Beji (wartabromo) – Hujan yang terus menerus sejak minggu malam mengakibatkan banjir kembali menggenangi ratusan rumah warga di dua desa di Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, Senin (18/3/2013). Dua desa tersebut yakni Desa Kedungringin dan Kedungboto Kecamatan Beji, Pasuruan.

Berdasarkan pantauan wartabromo, sekitar pukul 09.00 wib, daerah terparah terjadi di Dusun Kedungringin Tengah Desa Kedungringin Kecamatan Beji. Pasalnya, ratusan rumah warga tergenang air banjir setinggi 50 hingga 100 meter.

Bahkan, akibat tingginya genangan air tersebut, warga tidak bisa beraktivitas dengan normal. Mereka hanya bisa menunggu bantuan makanan dari pemerintah daerah setempat lantaran hampir seluruh bagian rumahnya terendam banjir.

“Air ini makin tinggi akibat hujan tadi malam mas,” ujar Jakfar warga setempat pada wartabromo.

Tak hanya itu, banjir juga mengakibatkan warga dusun setempat terpaksa menggunakan perahu sebagai alat transportasi agar warga bisa keluar dari perkampungan yang masih terendam. Menurut warga, genangan air banjir tersebut akan surut dalam 3-4 hari kedepan jika tidak ada guyuran hujan terus menerus di wilayah pengunungan seperti prigen,Pandaan dan Sukorejo.

‘Ini akan lama surutnya mas apalagi ada hujan lagi dan sungainya meluap,”tutur Kasiono, salah seorang warga yang terpaksa menaikkan motornya menggunakan perahu ke tempat yang lebih aman.

Hingga berita ini ditulis, pihak BPBD dibantu PMI cabang Kabupaten Pasuruan masih terus mengirimkan bantuan berupa makanan bagi para korban banjir di dua desa tersebut. (yog/yog)