Presiden SBY ke Penanjakan, Kawasan Bromo Ditutup untuk Wisatawan

347

Pasuruan (wartabromo) – Terkait adanya kunjungan Presiden RI bersama ibu Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri ke kawasan  gunung Bromo, Minggu (5/5/2013). Kawasan wisata Penanjakan di Kecamatan Tosari, Pasuruan ditutup untuk wisatawan lokal selama sehari. Namun, bagi para pedagang  tetap diperkenankan untuk berjualan seperti biasa. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan Eko Priyono, Sabtu (4/5/2013).

Direncanakan Presiden bersama rombongan berangkat dari Cemoro Lawang, Probolinggo menuju puncak Penanjakan untuk menyaksikan  sunrise (matahari terbit) sekitar pukul 04.00 wib, dini hari. Presiden sendiri rencananya akan melaksanakan sholat subuh di Puncak Penanjakan.

Menurut Eko Priyono, ikut serta dalam rombongan Presiden tersebut, 45 orang turis asing yang  akan berangkat melalui jalur Pasuruan dan Probolinggo.

“Ada 20 orang yang berangkat melalui jalur Pasuruan, sisanya melalui Probolinggo,”ujar Eko Priyo.

Namun, meski ditutup untuk wisatawan, lanjut eko, Presiden tetap meminta aga para pedagang  yang biasa berjualan di sepanjang anak tangga menuju Puncak Penanjakan tetap menggelar dagangannya.

“Presiden berharap kedatangannya ke Bromo jangan sampai mengganggu mata pencarian rakyat,” jelas Eko.

Berdasarkan informasi yang didapat, usai menyaksikan sunrise di puncak Penanjakan, Presiden akan bertatap muka serta berdialogdengan warga suku tengger terutama para petani sayur mayur. (git/yog)