Kemarau, Permintaan Air Bersih Prigen Meningkat

116

Prigen (wartabromo) – Memasuki musim kemarau, permintaan air bersih dari sumber mata air Prigen, Pasuruan kini mulai mengalami peningkatan hingga mencapai 50 % dari bulan-bulan sebelumnya.

Hal tersebut dikatakan oleh Sriyadi (39) salah satu pengelola sumber mata air di desa Candiwates, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Selasa (14/5/2013).

Perubahan iklim dari musim penghujan ke musim kemarau ternyata sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan air bersih. Menurutnya, selama musim penghujan lalu, 5 truk tangki yang dimiliki oleh Sriyadi hanya bisa melayani pengiriman antara 15-20 kali. Namun sejak memasuki bulan mei lalu, permintaan air bersih justru meningkat sampai 30 tangki dalam sehari.

“Cuaca yang panas menyebabkan konsumsi air dimasyarakat bertambah, terutama untuk depot air isi ulang,” ujar Sriyadi pada wartabromo.com

Dijelaskannya, Pelanggan sumber mata air Prigen rata-rata banyak berasal dari luar daerah, seperti Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Tuban dan daerah-daerah lain di Jawa Timur.

“Kalau musim kemarau panjang seperti ini, pengelola sumber mata air bersih Prigen juga melayani kalangan rumah tangga secara berkelompok,”jelas Sriyadi dengan senyum gembira. (git/yog)