Operasi Imam Bukhori, Bocah Perut Membesar Berhasil

609
Foto: Kondisi Imam Bukhori sebelum dioperasi

imam-bukhoriBangil (wartabromo) – Imam Bukhori (9), bocah asal Dusun Tanjung, Desa Wates Tani, Kecamatan Nguling telah menjalani operasi tahap pertama atas penyakit kelainan usus besar (Megacolon Congenital) yang dideritanya. Imam masih harus menjalani dua tahapan operasi lagi agar sembuh.

Operasi Imam dilakukan di RSU dr Soetomo, Surabaya beberapa hari lalu. Biaya operasi seluruhnya ditanggung pemerintah. Pasca operasi, kondisi Imam sudah membaik. Ia sudah bisa berjalan dan beraktifitas.

Dalam operasi tahap awal tersebut, ia menjalani kolostomi untuk membuat jalan kotoran yang selama ini tak bisa keluar dari anus.

“Operasi tahap pertama berjalan lancar. Dilakukan kolostomi atau membuat lubang pembuangan kotoran di perut,” kata Loembini Pedjati Ajoeng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Selasa (2/7/2013).

Menurut Loembini, Imam harus menjalani dua tahapan operasi lagi yakni pemotongan usus yang bermasalah dan penutupan kolostomi. Operasi selanjutnya akan dilakukan jika kondisinya sudah sehat.

“Kita menunggu sampai kondisinya memungkinkan untuk operasi selanjutnya,” pungkas Loembini. (fyd/fyd)