Anak Bison Lahir di Taman Safari Prigen

816
Kayla yang baru berusia 6 hari tampak sehat dan sudah bermain dengan induknya di kandang/ G Arif Subagyo

Prigen (wartabromo) – Koleksi satwa di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen bertambah dengan kelahiran seekor anak bison Amerika berjenis kelamin betina. Anak bison yang diberi nama Kayla ini lahir dari induk Kiasulin (6) dengan pejantan Nanduira (8).

“Ini kelahiran pertama induk Kiasulin dengan pejantan Nanduira sejak didatangkan dari Jepang pada 2009,” kata keeper bison TSI, Mulyono, Selasa (8/10/2013).

Kayla lahir pada 2 Oktober lalu. Anak bison ini lahir normal dengan bobot 30 kilogram. Proses kelahiran tidak ada kendala berarti. Sebulan sebelum melahirkan, bison Kiasulin dikarantina dan diberi asupan vitamin dan kalsium untuk menjaga kondisinya.

Saat ini kondisi Kayla yang menginjak umur 6 hari sudah sehat dan bisa berbaur dengan induknya di dalam kandang. 3 bulan lagi anak bison ini sudah bisa dilepas untuk dilihat pengunjung. Kelahiran Kayla menambah koleksi bison Amerika di Taman Safari menjadi 3 ekor.

Baca Juga :   Hari Valentine, Pelanggar Lalu Lintas di Pasuruan Diberi Helm Gratis

Selain bison Amerika, TSI Prigen memiliki 8 ekor bison Eropa. “Di sini ada 8 bison Eropa yang merupakan hasil 6 kali proses kelahiran. Awalnya bison Eropa juga hanya sepasang, kini menjadi 8 ekor,” pungkas Mulyono. (fyd/fyd)