Puluhan ekor Kambing Kurban Ditemukan Sakit Mata

528
Hewan-kurban
Diperiksa – Salah seorang petugas Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan memeriksa kambing kurban milik pedagang. foto : eml

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 20 ekor kambing dan domba kurban yang dijual di pasaran mengindap penyakit mata dan kesehatan menurun.

Hal ini terungkap saat sejumlah petugas Dinas Peternakan turun ke lapangan untuk memantau kondisi hewan kurban yang dijual di Pasaran, Rabu (9/10/2013) pagi.

“20 ekor kambing tersebut kondisinya lemas-lemas dan sakit mata karena terkena debu jalanan atau asap kendaraan bermotor,” ujar Drh Ainur Alfiyah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan.

Menurutnya, dari temuan tersebut, Dinas Peternakan langsung memberikan vitamin mata maupun vitamin tubuh yang disuntikkan dalam bentuk cairan. Hal ini agar kondisi hewan-hewan tersebut segera pulih kembali.

Baca Juga :   Kapusdik Brimob Terjatuh ke Jurang Sedalam 20 Meter

Pihak Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan melakukan sidak  langsung ke sejumlah wilayah yakni  penjual kambing dan domba di Desa Kalirejo, Kelurahan Gempeng, Pasar Bangil, Pasar Hewan Bangil, Kelurahan Kolursari, hingga Pondok Pesantren yang akan melakukan penyembelihan hewan qurban.

“Pemantauan tersebut meliputi pemeriksaan mata, gigi hingga kekebalan tubuh hewan tersebut,” tambah Ainur Alfiyah.

Untuk diketahui, sidak tersebut melibatkan sebanyak 12 petugas Dinas Peternakan yakni dokter hewan pos kesehatan hewan, petugas teknis, PPL (Petugas Pemantau Lapangan), petugas RPH (Rumah Pemotongan Hewan) serta tim khusus dinas peternakan. (eml/yog)