Waduch! Eceng Gondok Penuhi DAM Sungai

237
Enceng-gondok
Eceng Gondok hampir menutupi badan sungai di Beji, Pasuruan / h8

Beji (wartabromo) – Sungai Wrati kondisinya sungguh sangat mengenaskan, hampir seluruh badan sungai ditumbuhi tanaman liar jenis eceng gondok. Hal ini mengganggu aliran air di sungai yang melintasi 3 Kecamatan yakni Gempol, Beji dan Bangil tersebut.

Tanaman eceng gondok terbanyak bisa dijumpai di sekitar DAM sungai Desa Kedungringin, Kedungboto dan Desa Tambakan. Hampir seluruh badan sungai ditumbuhi eceng gondok sehingga air di sungai tersebut tak terlihat.

Pertumbuhan tanaman air yang begitu cepat tersebut kerapkali membuat warga setempat kuwalahan untuk membersihkannya. Mereka khawatir keberadaan eceng gondok yang semakin menjadi membuat aliran sungai menjadi terganggu terutama saat hujan.

“Kita sudah sering kerja bakti, tapi ya tetap saja mas,” ujar Lasmoro, salah seorang warga Desa Kedungringin, Kecamatan Beji pada wartabromo, Rabu (20/11/2013).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Kedungringin, Najib Setiawan. Menurutnya, pihaknya sudah berulang kali melakukan kegiatan pembersihan eceng gondok tersebut bersama warga, namun tak jua berhasil.

Warga berharap ada solusi yang efektif untuk menghambat pertumbuhan eceng gondok di daerah setempat terutama aliran sungai yang kerap meluap akibat banjir ataupun mengolahnya menjadi bahan baku lain yang memiliki daya guna. (h8/yog)