Jalur Bromo ke Penanjakan Penuh Sesak, Pedagang Harapkan Ada Terobosan

216
Ilustrasi: para pengunjung Bromo naik ke kawah.

Tosari (wartabromo) – Kawasan wisata Gunung Bromo selalu dipadati pengunjung saat musim libur. Kemacetan terjadi di jalur menuju Penanjakan I. Para pedagang berharap ada solusi dari pengelola kawasan mengatasi situasi itu.

“Menjelang dan saat hari libur umum biasanya wisatawan ramai dan penuh sesak. Tapi itu tidak selalu membawa untung karena pengunjung enggan mampir,” ujar Supandi, pemilik kios di kawasan Dingklik Desa Wonokitri Kecamatan Tosari, Rabu (5/2/2014).

Supandi mengungkapkan ratusan kendaraan mulai jeep, pikap hingga motor mengular di sepanjang jalur tersebut. Kondisi itu semakin sengkarut karena banyaknya pengunjung yang berjalan kaki.

Selain merugikan pedagang, kata Supandi, kondisi itu juga merugikan pengunjung karena banyak yang tidak bisa menikmati sunrise Bromo dari puncak Penanjakan.

“Kalau bisa dicarikan solusi untuk memecah jumlah kendaraan yang terlalu banyak. Misalnya membuka areal parkir baru,” harapnya.

Ari Yoenianto, anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Pasuruan mengamini keluhan tersebut. Menurut dia permasalahan tersebut harus segera dicarikan solusi.

“Harus segera dicarikan solusi, tapi tentu harus melibatkan semua komponen baik TNBTS, pemerintah daerah serta para pelaku wisata. Harus duduk bersama untuk mencari solusi,” ujar pria yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan. (fyd/fyd)