35 Calon Anggota KPU Probolinggo Jalani Psikotes

737
calon-anggota-kpu-proboling
Suasana Psikotes calon anggota KPU Probolinggo, Senin (10/3/2014) / rhd

Kraksaan (wartabromo )–  Sebanyak 35 orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Probolinggo mengikuti tahapan Psikotes di Universitas Zainul Hasan (UNZAH) Kaksaan Senin (10/3/2014).
Psikotes tersebut terbagi atas tiga bagian yakni, Psikotes, Tes Wawancara, dan Tes Kejiwaan.

“Pada tahapan Psikotes ini dilakukan oleh petugas dari Psikologi dari RSJ Malang. Sedangkan nantinya untuk tes psikologi akan dilakukan oleh tim TNI AL. Nilai dari hasil tes tersebut akan diglobalkan menjadi satu,” ujar Saifullah Tim Seleksi setempat.

Melalui tes psikologi dan tes kejiwaan tersebut, pihak tim seleksi KPU Probolinggo bisa mengetahui apakah masing-masing calon anggota KPU tersebut bisa dinyatakan lolos atau gugur sebagai calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo. Tim seleksi KPU sendiri akan menentukan 10 orang peserta yang akan dikirim ke KPU Provinsi untuk mengkikuti tes lanjutan.

Baca Juga :   Truk Gandeng Vs Truk Tanki Air, 1 Orang Tewas Terjepit

” Berdasarkan hasil nilai tertinggi yang ditentukan dari hasil tes tertulis, kesehatan, dan psikotes,”ungkapnya.

Sementara itu, Efiana Yuliastin selaku pembimbing Psikotes dari Psikologis Klinis muda RSJ Adjiman Lawang Malang mengatakan, tes awal yang berisi 567 soal ini digunakan sebagai alat untuk mengukur dan kroscek bahan tes wawancara selanjutnya.

“Ini berfungsi sebagai kecerdasan dan kepribadian serta aspek linisnya,”terangnya.

Untuk diketahui, selanjutnya para calon anggota KPU Probolinggo ini juga masih diwajibkan mengikuti tes kesehatan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Tes kesehatan tersebut terbagi menjadi tiga unsur yaitu General Chek Up dan bebas narkoba. Sedangkan untuk tes kejiwaan rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Adjiman Lawang Malang. (rhd/yog)