Jusuf Kalla Jadi Imam di Masjid Ponpes Sidogiri

2041
ponpes-sidogiri
Cawapres Jusuf Kalla diapit KH Abdullah Siraj dan KH Fuad Nur Hasan di Ponpes Sidogiri, Kraton, Pasuruan / hil / wartabromo.com

Kraton (wartabromo) – Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi Imam Sholat Maghrib di Masjid Pondok Pesantren Sidogiri, Kraton Pasuruan, Senin (16/6/2014) petang.

Berdasarkan pantauan wartabromo,  Jusuf Kalla datang sekitar pukul 17. 35 Wib dengan mengendarai mobil Alpard warna putih dengan nopol L 1968 MA. Ia bersama rombongannya langsung menuju kediaman KH Fuad Nur Hasan yang merupakan anggota majelis keluarga besar Sidogiri.

Jusuf Kalla yang mengenakan baju putih tersebut langsung disambut hangat oleh sejumlah kerabat Ponpes Sidogiri diantaranya KH Fuad Nur Hasan, KH Abdullah Siraj, Mas Baharudin serta sejumlah kyai seperti Gus Suadi Abu Amar, KH Amir Kholili (Ketua Dewan Syuro PKB) dan KH Mujtaba Abdussamad (Pengasuh Ponpes Al-Hidayah Sukorejo) serta Ketua DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf.

Namun, lantaran telah mendengar Adzan Maghrib berkumandang, Jusuf Kalla kemudian ingin menunaikan sholat maghrib sehingga ia pun diajak untuk menuju Masjid di kawasan Pondok Pesantren Sidogiri yang berjarak kurang lebih 300 meter dari lokasi.

“Sholat Maghrib dulu ya,” ujar Jusuf Kalla.

Selama dalam perjalanan menuju Masjid, Jusuf Kalla pun diapit oleh para Kyai yakni KH Abdullah Siraj dan KH Fuad Hasan serta KH Amir Kholili. Mereka yang sama-sama mengenakan baju putih tersebut berjalan sejajar dengan saling bergandengan tangan menyusuri kawasan Ponpes Sidogiri.

Usai mengambil air wudlu, JK pun didapuk untuk menjadi Imam sholat oleh KH Abdullah Siraj.

Saat dikonfirmasi terkait kedatangannya, Jusuf Kalla mengaku hanya sekedar bersilaturahmi kepada para ulama dan kyai lantaran hal itu sangat penting untuk meminta do’a restu dan petunjuk agar Indonesia lebih maju.

“Ini kunjungan silaturahim, karena ini penting untuk meminta do’a restu,” ujar JK saat dikonfirmasi wartawan usai menunaikan sholat Maghrib.

Rombongan Jusuf Kalla sendiri tidak bisa bertemu dengan pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri KH Nawawi Abdul Jalil lantaran beliau sedang berpergian ke luar kota.

“Dia sedang ke luar Kota. Ke Surabaya katanya,” ujar KH Abdullah Siraj yang merupakan kerabat dekat KH Nawawi Abdul Jalil

Sementara, KH Fuad Nur Hasan mengaku jika kedatangan Jusuf Kalla hanyalah agenda silaturahmi dan minta do’a restu atas pencalonanya sebagai Wakil Presiden berpasangan dengan Joko Widodo.

“Silaturahmi dan minta do’a restu saja. Ya saya do’akan,” ujar KH Fuad Nur Hasan singkat. (yog/yog)