Musim Kemarau, Petani Dihimbau Tanam Palawija

2145

jagungPasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan menghimbau kepada petani untuk menanam tanaman palawija selama musim kemarau berlangsung.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Ichwan himbauan tersebut sebagai bagian dari respon atas prediksi cuaca yang di keluarkan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika.

“Musim kemarau telah dimulai pada Mei akhir lalu, sehingga para petani kita arahkan untuk menanam palawija, mulai dari jagung, kedelai ataupun kacang tanah,” ucap Ichwan.

Dikatakannya, kalau himbauan tersebut dilaksanakan, Ichwan memprediksi produksi kacang kedelai di Kabupaten Pasuruan dalam tiga bulan kedepan akan mengalami peningkatan yakni untuk komoditas jagung sebesar 300.000 ton/tahun dan produksi kedelai ditarget mencapai 196.000 ton/tahun.

Baca Juga :   Puluhan PKL Alun-alun Kota Kraksaan Direlokasi

“Yang jelas komoditasnya tetap jalan meski musim kemarau terus berjalan. Memang ada beberapa target penanaman 1200 hektar tanaman kedelai yang akhirnya ditangguhkan untuk kemudian ditanam pada saat musim hujan tiba. Hal itu juga kami serahkan sepenuhnya kepada para petani,” ujar Ichwan.

Pemerintah pusat, lanjutnya telah menggelontorkan bantuan benih dan pupuk untuk 5000 hektar areal tanaman jagung dan kedelai di Kabupaten Pasuruan. Setiap hektarnya terdiri dari 15 kg benih jagung hibrida dan 10 kg pupuk serta obat-obatan.

Selain itu, Pemkab Pasuruan juga telah menganggarkan Rp 28 Milliar untuk penyempurnaan infrastruktur jaringan pertanian seperti irigasi, pompa air dan sumur bor. (eml/yog)