14 Rumah Warga di Pasuruan Rusak Diterjang Ombak

869

badai-nangkaNguling (wartabromo) – Sebanyak 14 rumah warga pesisir di dua Kecamatan yakni Kecamatan Lekok dan Nguling rusak akibat dihantam ombak dan angin kencang dampak dari fenomena Tropical Cyclone Nangka (Badai Nangka). Selain itu, 15 perahu milik nelayan rusak parah serta tangkis penahan ombak jebol sepanjang 500 meter.

“Di Desa Kedawang, Nguling ada empat rumah rusak ringan, dua rusak berat. Sementara di Desa Wates ada 8 rumah yang mengalami kerusakan di dua Dusun yakni Nangger dan Pasir Panjang,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, Rabu (15/7/2015).

Di Dusun Lampean Desa Kedawang Kecamatan Nguling kerusakan terjadi pada dinding bagian belakang jebol yakni rumah Tohir dan Komar sedangkan yang rusak ringan yakni rumah Jarli, Ambri, Hasbullah dan Sariyah.

Baca Juga :   Tukang Ngutil Toko-Toko Indomaret di Pasuruan Ditangkap

Sementara itu di Desa Wates Kecamatan Lekok, kondisi terparah terjadi di Dusun Nangger, 2 rumah milik Asnawi dan Astika rusak berat sementara 3 rumah lainnya hanya mengalami rusak sedang. Sedangkan di Dusun Pasir Panjang tercatat 3 rumah mengalami rusak ringan.

“Saat ini sudah kita lalukan penanganan kedaruratan dengan memberikan paket permakanan dan tenda darurat, ” tambah Bakti.

Terkait perbaikan fisik, pihaknya masih melakukan pengusulan kepada Bupati melalui Camat setempat menyusul tanah yang ditempati warga merupakan tanah oloran.

Selain merusakkan rumah warga, tercatat sebanyak 15 perahu milik nelayan di Desa Kedawan Kecamatan Nguling mengalami kerusakan sementara tangkis penahan ombak sepanjang 500 meter juga ambrol. (yog/yog)