2000 Pramuka Sejatim Ikuti Babak Final ISC di Pasuruan

953

image

Beji (wartabromo) – Sebanyak 2000 pramuka mengikuti kegiatan babak final Indonesia Scouts Challenge (ISC) di lapangan Yonkav 8/ Tank Beji, Pasuruan, Jumat (14/8/2015) malam.

Berbagai kegiatan digelar dalam babak final ISC tersebut dan berlangsung sangat seru. Pantauan wartabromo, kegiatan ini dikemas secara modern dan menghibur menggunakan metode kepramukaan sebagai landasan serta menghadirkan dua bintang tamu yakni Tantri Kotak dan Boy Band cilik CJR dari Jakarta.

Para anggota pramuka yang hadir memenuhi lapangan Yonkav 8/Tank merupakan pelajar kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dengan usia maksimal peserta adalah 12 tahun pada tahun ajaran 2015/2016.

“Ini merupakan kegiatan perkemahan inovatif yang pertama kali digelar di Jawa Timur yang melibatkan banyak peserta. Kita ingin motivasi dalam kaitan revitalisasi kegiatan pramuka,” ujar Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, pihaknya berharap kegiatan pramuka menjadi kegiatan informal sekolah yang inovatif dan disukai oleh siswa sebagai pendidikan berkarakter, berkahlah tangguh dan pintar serta peduli.

Dalam babak final tersebut SD asal Kabupaten Lumajang berhasil dikukuhkan sebagai juara pertama dan berhak pergi ke Amerika sebagai hadiah utamanya.

Para pemenang ini telah berhasil lolos seleksi yang ketat dari kabupaten/ kota masing-masing yang mengirimkan enam regu (tiga putra, tiga putri) yang masing-masing terdiri dari 10 orang Pramuka.

Sebelum lolos sebagai juara, berbagai tantangan diikuti untuk memperebutkan tiket ke Amerika bagi satu regu putra dan satu regu putri terbaik seperti Tent Challenge, Desain Perangko, Kreasi Ikatan Tongkat, Cooking Challenge, Golden Scout Challenge, Fun Games, dan Treasure Hunt.

Selain kegiatan untuk Pramuka, pada final EJSC kali ini juga diadakan Parenting bagi orang tua. Mereka dikumpulkan untuk diberi motivasi dan penjelasan mendidik anak dari tokoh pemerhati anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto. (yog/yog)