5 Hektar Lahan Gunung Kunci TNBTS Terbakar

804

gunung kunci tnbtsPasuruan (wartabromo) – Sebanyak 5 hektar lahan hutan di gunung kunci yang termasuk kawasan taman nasional bromo tengger semeru (TNBTS), ludes terbakar sejak Kamis (17/9/2015) malam.

Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari pada wartabromo mengatakan, kebakaran terjadi lantaran cuaca panas yang melanda sejak seminggu terakhir sehingga diduga berakibat terjadinya gesekan antar ranting atau pohon yang mengering.

“Kebakaran sudah sejak semalam. Dugaannya sementara karena cuaca panas. Kemungkinan antar ranting pohon terjadi gesekan, ” Kata Ayu.

Menurutnya, kawasan hutan gunung kunci selama ini bukanlah kawasan yang mudah dijamah manusia sehingga sangat kecil sekali kemungkinan kebakaran terjadi lantaran diakibatkan ulah manusia. Selain itu, kondisi angin yang cukup kencang membuat api cepat berkobar.

Baca Juga :   Nasdem Membuka Diri Kepada Penyuara Bumbung Kosong untuk Berdialog

Hingga berita ini ditulis, kebakaran terus terjadi di kawasan tersebut. Pihak TNBTS dibantu tim relawan dari MPA Kedawung serta pihak BPBD Kabupaten Pasuruan sudah bergerak ke lokasi titik kebakaran.

“Kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk berupaya melakukan pemadaman, ” urai Ayu Dewi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana. Menurutnya, pihaknya sudah menerjukan tim relawan dan BPBD untuk membantu upaya pemadaman.

“Saat ini gabungan warga, TNBTS dan relawan sudah bergerak ke lokasi, ” tegas Bakti. (yog/yog)